Beranda News UJIAN PROPOSAL KRISNA IKA PURNAMAWATI

UJIAN PROPOSAL KRISNA IKA PURNAMAWATI

255
0

JUDUL “PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP KEJADIAN STRES PADA MAHASISWA SELAMA PANDEMI COVID 19 DI WILAYAH KAMPUS STIKES SURABAYA”

Terkait permasalahan psikologis, di Indonesia terdapat 69% orang
yang mengalami masalah psikologis selama pandemi Covid-19. Masalah psikologis terbanyak ditemukan pada kelompok rentan usia 17-29 tahun dan >60 tahun. Di Jawa Timur sendiri terdapat 13,4% yang mengalami masalah psikologis selama pandemi Covid-19. Ada tiga masalah psikologis yang ditemukan yaitu cemas, depresi dan trauma psikologis (PDSKJI, 2020). Usia produktif memang rentan mengalami stress di masa pandemi ini
karena pola pikir yang tidak bisa terkontrol dan selalu berlebihan dalam mendapatkan informasi.

Coping stress adalah tindakan yang dapat dilakukan oleh individu
untuk mentolerir, menguasai, meminimalkan, atau mengurangi efek dari stress, dan individu dapat memasukkan strategi perilaku dan strategi psikologis (Cicarelli, 2015). Berdasarkan dari data awal yang didapatkan ketika mahasiswa STIKES Surabaya mengalami stress, mahasiswa STIKES Surabaya melakukan koping stres atau meminimalisir stresnya dengan cara menonton drama korea, film, youtube, televisi, menonton anime dan curhat dengan teman. Selain itu, terdapat mahasiswa STIKES Surabaya saat mengalami stress mereka hanya diam saja. Sedangkan, untuk meminimalisir stres sendiri harus ada strategi koping stres.

Alsanso ini mengedepankan pada pola peningkatan ilmu pengetahuan yang memberikan berbagai macam sumber keilmuan tentang kesehatan kepada khalayak luas.