Beranda News TRANSFORMASI STIKES SURABAYA DAN STIEUS URIP SUMOHARJO MENJADI INSTITUT KESEHATAN DAN BISNIS...

TRANSFORMASI STIKES SURABAYA DAN STIEUS URIP SUMOHARJO MENJADI INSTITUT KESEHATAN DAN BISNIS SURABAYA

779
26

Sebuah kabar yang sangat membahagiakan pasalnya pada tanggal 30 Desember 2020 Resmi Institut Ilmu Kesehatan dan Bisnis Surabaya merupakan wujud transformasi penggabungan 2 (dua) lembaga Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Urip Sumoharjo Surabaya. Dalam keputusan Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1194/M/2020 “Tentang Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya Di Kota Surabaya Dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Urip Sumohardjo Surabaya Di Kota Surabaya Menjadi Institut Kesehatan Dan Bisnis Surabaya Di Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur Yang Diselenggarakan Oleh Yayasan Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia Telang”. Dengan adanya surat keputusan tersebut maka kini dua institusi melebur menjadi satu dibawah bendera kebanggan yaitu Ilmu Kesehatan dan Bisnis Surabaya (IKBIS). Ditambah lagi IKBIS sangat mendukung program yang telah di teken oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) “Nadiem Anwar Makarim” dengan meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar untuk lingkup perguruan tinggi dengan tajuk “Kampus Merdeka”.

Selamat datang di Institut Kesehatan & Bisnis Surabaya (IKBIS). Terletak di Jl. Medokan Semampir Indah No. 27 & Jl. Urip Sumoharjo No. 5-7 Surabaya  yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia, IKBIS mudah dijangkau. Perguruan Tinggi  yang mengkhususkan diri pada Ilmu Kesehatan & Bisnis dengan 6 Program Studi saat ini, yaitu Manajemen, Akuntansi, Keperawatan, Ilmu Gizi, Bidan & Profesi NERS.

Penggabungan dan Perubahan Bentuk ini sekaligus dalam rangka menyikapi kebijakan Kementerian Pendidikan Tinggi yang salah satunya bertujuan untuk efisiensi jumlah Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia maka Yayasan Pendidikan Udatin Surabaya selaku Badan Pengelola Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Urip Sumoharjo Surabaya dengan Ijin Operasionalnya dimulai pada tahun 1954 sebagai Akademi Pimpinan Perusahaaan Surabaya dan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Urip Sumohardjo Surabaya pada tahun 1984 yang memiliki program studi S1 Akuntansi dan S1 Manajemen, Bersama-sama dengan Yayasan Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia Telang sebagai Badan Pengelola Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya yang saat ini memiliki 4 program studi meliputi; S1 Keperawatan, S1 Ilmu Gizi, D3 Kebidanan dan Profesi Ners, selanjutnya mengajukan Permohonan penggabungan dan perubahan bentuk Perguruan Tinggi ini menjadi Institut.

Hal lain yang menjadi landasan Penggabungan dan Perubahan Bentuk ini adalah terdapatnya beberapa kesamaaan visi dan misi dalam mengembangkan dunia pendidikan kedepan pada masing-masing Perguruan Tinggi ini. Namun disamping hal tersebut diatas, ini adalah sebagai bentuk respon terhadap perkembangan saat ini dimana sudah memasuki Era Revolusi Industri 4.0 yang pada semua sektor telah ditekankan pola Digital Economy, Artificial Intellegence, Big Data, Robotic dan lain sebagainya atau dikenal Disruptive Innovation.

Menghadapi tantangan tersebut diatas, maka Yayasan Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia Telang bersama Yayasan Pendidikan Udatin Surabaya selaku Badan Pengelola dari masing-masing Perguruan Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Urip Sumoharjo Surabaya sepakat untuk menggabungkan sekaligus mengajukan perubahan bentuk menjadi Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya yang disingkat menjadi “IKBIS” yang memiliki 2 Fakultas (Kesehatan dan Ekonomi) dengan 6 program studi yang unggulan dibidangnya yaitu D3 Kebidanan, S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, S1 Ilmu Gizi, S1 Manajemen dan S1 Akutansi.

IKBIS kini bekerja keras untuk menghasilkan lulusan yang siap bekerja di era industri 4.0. Untuk itu mulai tahun 2019, beberapa agenda besar sedang dilakukan seperti revisi kurikulum, blended learning and teaching process, melengkapi fasilitas belajar mengajar, merekrut tenaga profesional, memperluas jejaring internasional, mempersiapkan International Class Program (ICP), research based learning. , dan memberikan kesempatan pada mahasiswa dalam berkarya dan menemukan atau membuat produk dari hasil akhir penelitian yang mereka dalami.

Sebagai bagian dari sistem pendidikan tinggi di Indonesia dan didukung oleh staf yang berdedikasi tinggi dan profesional serta sebagian besar dosen muda dan energik, IKBIS berkomitmen untuk mencapai mimpinya menjadi lembaga yang profesional dan dikenal luas demi kemanusiaan dan peradaban manusia.

Datang dan bergabunglah dengan kami di IKBIS !!!