7.4 C
Munich
Selasa, Oktober 27, 2020

Tips Mengatur Keuangan Pribadi!

Must read

PRIORITAS KESEHATAN MANUSIA

Kehidupan penuh dengan berbagai macam cobaan dan memiliki sebuah kerentangan dalam setiap unsur, salah satunya adalah kesehatan. Kesehatan sangat penting bila dilihat dari sebuah kebutuhan manusia, bahkan dalam “teori hirarki kehidupan” memaparkan bahwa setiap individu memiliki kebutuhan yang utama adalah kebutuhan fisiologis yang ditinjau dari factor fisiologi.

Kampanye Sosial Media: Saatnya Kaum Millenial Cerdas Memilih dan Anti Money Politic

Pada akhir tahun nanti, pemilihan kepala daerah akan serentak dilaksanakan di beberapa provinsi maupun kabupaten atau kota. Ada satu opini masyarakat yang sudah mendarah daging. Money Politic atau politik uang. Rasanya tidak sah bagi pemilih apabila uang tidak hinggap ditangannya. Celetuk dari salah satu warga Surabaya,”Gak ono duite yo males nyoblos”. Ulasnya. Yang artinya tidak ada uang, maka mereka enggan untuk memilih.

IMPLEMENTASI SEBUAH KEBIJAKAN

Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu kebijakan.

UPAYA TERAPEUTIK

Klinis seharusnya mempertimbangkan kisaran dari ekspresi pasien untuk merumuskan pemahaman pengalaman pasien dan untuk merefleksikan signifikansinya. Klinis mengingat norma dan klasifikasi pengalaman dan gejala yang mungkin relevan dengan sabar tetapi pada saat yang sama memungkinkan adanya karakter yang unik dari pengalaman pasien individu.

Pernah gak sih kamu merasa baru tanggal muda, tapi uang kok udah gak ada aja ya? Kira-kira kemana perginya uang itu?

Nggak mungkin kan ada tuyul?😅

Nah, buat kamu yang merasa boros ketika menggunakan uang, saya ada tips sederhana untuk mengatur keuangan pribadi nih. Simak sampai habis ya..

1. Budgeting

Kesalahan banyak orang adalah mereka tidak pernah mencatat berapa pemasukan mereka dan untuk apa saja uang itu digunakan. Meskipun uang kamu cuma dipakai buat bayar parkir, itu tetap harus dicatat supaya kamu gak bingung kemana aja uang kamu selama ini.

Misalkan, kamu menerima gaji 2 juta/bulan dari pekerjaan kamu. Nah, dari uang 2 juta itu, coba tulis apa saja pengeluaran mu. Entah itu buat bayar kos, cicil huyang, makan, beli kebutuhan sehari-hari, dll.

Tulislah pengeluaran mu dengan rinci dan detail agar kamu tau apa saja sesuatu yang memang kamu butuhkan dan apa sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu penting, tapi malah kamu beli juga.

Usahakan pengeluaran jangan sampai lebih banyak daripada pemasukan. Lebih baik lagi kalau kamu bisa menyisihkan uang mu minimal 10% untuk ditabung.

2. Perkecil Pengeluaran

Setelah menulis apa saja pengeluaran mu, kamu jadi tau apa saja pos yang membuat uang mu terkuras. Saya mau cerita pengalaman pribadi sewaktu saya kos. Jadi waktu itu, saya mencatat pengeluaran saya selama sebulan.

Ternyata, uang saya banyak boncos nya bukan karena kebutuhan saya banyak, tapi karena saya suka beli makanan dan minuman. Waktu itu, saya gak bisa menahan godaan untuk minum es. Pokoknya tiap hari pengennya minum es. Hehe

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, saya mengganti minuman yang biasanya saya beli dengan beli minuman sachetan di toko. Jadi saya cuma beli sachetan pop ice aja. Air nya saya bikin sendiri.

Dari yang semula pengeluaran buat belli es itu 70 rb/bulan, sekarang cuma 20 RB/bulan. Bisa saving 50 rb kan?

Nah, kamu juga bisa melakukan antisipasi untuk memperkecil pengeluaran. Kalau kebutuhan itu emang udah mendarah daging dalam tubuh kamu, misalnya kayak saya yang doyan es, kamu gak harus puasa es selama sebulan. Tetep minum es, tapi dengan alternatif yang lebih murah.

Mengerti apa maksut saya kan? Sekarang coba fikirkan. Apa alternatif kamu untuk menghadapi pengeluaran mu tersebut?

3. Perbesar pemasukan

Kalau setelah dihitung semua pengeluaran emang kebutuhan yang mendesak, kamu tidak harus memperkecil pengeluaran. Maka yang harus kamu lakukan adalah memperbesar pemasukan.

Emang gimana ya cara memperbesar pemasukan?

Gampang aja. Kamu bisa jualan online melalui hp kamu. Atau kamu bisa menjual skill kamu untuk mendapat penghasilan tambahan.

Misalnya kamu bisa menjual kemampuan mu dalam menulis dengan membuka jasa penulisan artikel, atau mungkin jasa design grafis.

Intinya, kamu harus berani keluar dari zona nyaman.

Ok. Semoga tips ini bermanfaat buat kamu ya..

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article

PRIORITAS KESEHATAN MANUSIA

Kehidupan penuh dengan berbagai macam cobaan dan memiliki sebuah kerentangan dalam setiap unsur, salah satunya adalah kesehatan. Kesehatan sangat penting bila dilihat dari sebuah kebutuhan manusia, bahkan dalam “teori hirarki kehidupan” memaparkan bahwa setiap individu memiliki kebutuhan yang utama adalah kebutuhan fisiologis yang ditinjau dari factor fisiologi.

Kampanye Sosial Media: Saatnya Kaum Millenial Cerdas Memilih dan Anti Money Politic

Pada akhir tahun nanti, pemilihan kepala daerah akan serentak dilaksanakan di beberapa provinsi maupun kabupaten atau kota. Ada satu opini masyarakat yang sudah mendarah daging. Money Politic atau politik uang. Rasanya tidak sah bagi pemilih apabila uang tidak hinggap ditangannya. Celetuk dari salah satu warga Surabaya,”Gak ono duite yo males nyoblos”. Ulasnya. Yang artinya tidak ada uang, maka mereka enggan untuk memilih.

IMPLEMENTASI SEBUAH KEBIJAKAN

Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu kebijakan.

UPAYA TERAPEUTIK

Klinis seharusnya mempertimbangkan kisaran dari ekspresi pasien untuk merumuskan pemahaman pengalaman pasien dan untuk merefleksikan signifikansinya. Klinis mengingat norma dan klasifikasi pengalaman dan gejala yang mungkin relevan dengan sabar tetapi pada saat yang sama memungkinkan adanya karakter yang unik dari pengalaman pasien individu.

ADAPTASI KOMUNIKASI EFEKTIF DITELAAH DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

Kesadaran manusia tidak dapat dipisahkan dari komunikasi. Kondisi komunikasi dalam konteks klinis ditentukan oleh niat peduli dan ketidaksetaraan hubungan, yang menyiratkan tanggung jawab khusus dari pihak klinisi.