Beranda News Bisnis Tips Mengatur Keuangan Pribadi!

Tips Mengatur Keuangan Pribadi!

153
0

Pernah gak sih kamu merasa baru tanggal muda, tapi uang kok udah gak ada aja ya? Kira-kira kemana perginya uang itu?

Nggak mungkin kan ada tuyul?😅

Nah, buat kamu yang merasa boros ketika menggunakan uang, saya ada tips sederhana untuk mengatur keuangan pribadi nih. Simak sampai habis ya..

1. Budgeting

Kesalahan banyak orang adalah mereka tidak pernah mencatat berapa pemasukan mereka dan untuk apa saja uang itu digunakan. Meskipun uang kamu cuma dipakai buat bayar parkir, itu tetap harus dicatat supaya kamu gak bingung kemana aja uang kamu selama ini.

Misalkan, kamu menerima gaji 2 juta/bulan dari pekerjaan kamu. Nah, dari uang 2 juta itu, coba tulis apa saja pengeluaran mu. Entah itu buat bayar kos, cicil huyang, makan, beli kebutuhan sehari-hari, dll.

Tulislah pengeluaran mu dengan rinci dan detail agar kamu tau apa saja sesuatu yang memang kamu butuhkan dan apa sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu penting, tapi malah kamu beli juga.

Usahakan pengeluaran jangan sampai lebih banyak daripada pemasukan. Lebih baik lagi kalau kamu bisa menyisihkan uang mu minimal 10% untuk ditabung.

2. Perkecil Pengeluaran

Setelah menulis apa saja pengeluaran mu, kamu jadi tau apa saja pos yang membuat uang mu terkuras. Saya mau cerita pengalaman pribadi sewaktu saya kos. Jadi waktu itu, saya mencatat pengeluaran saya selama sebulan.

Ternyata, uang saya banyak boncos nya bukan karena kebutuhan saya banyak, tapi karena saya suka beli makanan dan minuman. Waktu itu, saya gak bisa menahan godaan untuk minum es. Pokoknya tiap hari pengennya minum es. Hehe

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, saya mengganti minuman yang biasanya saya beli dengan beli minuman sachetan di toko. Jadi saya cuma beli sachetan pop ice aja. Air nya saya bikin sendiri.

Dari yang semula pengeluaran buat belli es itu 70 rb/bulan, sekarang cuma 20 RB/bulan. Bisa saving 50 rb kan?

Nah, kamu juga bisa melakukan antisipasi untuk memperkecil pengeluaran. Kalau kebutuhan itu emang udah mendarah daging dalam tubuh kamu, misalnya kayak saya yang doyan es, kamu gak harus puasa es selama sebulan. Tetep minum es, tapi dengan alternatif yang lebih murah.

Mengerti apa maksut saya kan? Sekarang coba fikirkan. Apa alternatif kamu untuk menghadapi pengeluaran mu tersebut?

3. Perbesar pemasukan

Kalau setelah dihitung semua pengeluaran emang kebutuhan yang mendesak, kamu tidak harus memperkecil pengeluaran. Maka yang harus kamu lakukan adalah memperbesar pemasukan.

Emang gimana ya cara memperbesar pemasukan?

Gampang aja. Kamu bisa jualan online melalui hp kamu. Atau kamu bisa menjual skill kamu untuk mendapat penghasilan tambahan.

Misalnya kamu bisa menjual kemampuan mu dalam menulis dengan membuka jasa penulisan artikel, atau mungkin jasa design grafis.

Intinya, kamu harus berani keluar dari zona nyaman.

Ok. Semoga tips ini bermanfaat buat kamu ya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here