Beranda Seputar Kesehatan Public Health STRATEGI PROGRAM PROMOSI KESEHATAN DI PUSKESMAS

STRATEGI PROGRAM PROMOSI KESEHATAN DI PUSKESMAS

131
0

Puskesmas mempunyai sebuah program wajib yang dilaksanakan. Salah satu dari enam upaya program wajib yaitu melakukan promosi kesehatan. Promosi kesehatan sangat  penting dalam melakukan prosedur pemberdayaan dimasyarakat, yaitu melalui pemahaman dari, oleh dan bersama masyarakat yang selaras dengan ruang lingkup kebudayaan dan sosial setempat. Puskesmas sangat berharap dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat wilayah sekitar khususnya dalam peningkatan kesehatan melalui promosi kesehatan.  Promosi kesehatan adalah sebuah strategi untuk menambah kemauan dan kemampuan dimasyarakat untuk meningkatkan dan mempertahankan kesehatan.

Mengingat tujuan akhir promosi kesehatan bukan sekedar masyarakat mau hidup sehat (Will-linggnes), namun juga mampu (ability) untuk melakukan hidup sehat, oleh karena itu promosi kesehatan tidak hanya menyampaikan pesan-pesan, atau informasi-informasi kesehatan supaya masyarakat mengerti dengan melakukan perilaku hidup sehat, begitu juga dengan masyarakat mampu meningkatkan dan mempertahankan kesehatannya Promosi kesehatan sangat memiliki peranan penting dalam suatu proses pemberdayaan masyarakat, merupakan penelusuran pemahaman dari, oleh dan bersama masyarakat sesuai dengan ruang lingkup kebudayaan dan sosial setempat, agar masyarakat mampu menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan.Kesehatan mempunyai peran penting bagi kualitas hidup seseorang, sehingga orang selalu berupaya memperoleh informasi kesehatan untuk memenuhi kebutuhan kognitif, afektif dan dapat diterapkan dalam perilaku sehari-hari.

Upaya ini ditujukan untuk dapat membantu proses pencegahan penyakit, meningkatkan kualitas kesehatannya serta berperan aktif dalam setiap upaya penyelenggaraan kesehatan.Dengan seiring cepatnya perkembangan dalam era globalisasi, dan adanya epidemiologi dan transisi demografi  penyakit, dan adanya perubahan gaya hidup yang berkaitan dengan perilaku sosial dan kebudayaan yang cenderung akan semakin kompleks, maka untuk memperbaikinya perlu diperhatikan beberapa faktor diantaranya adalah faktor pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan memiliki 2 faktor yaitu faktor perilaku dan faktor nonperilaku (lingkungan dan pelayanan),

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here