Beranda Seputar Kesehatan Public Health SIKAP REMAJA AKAN SEKSUALITAS

SIKAP REMAJA AKAN SEKSUALITAS

406
37

Kebutuhan akan sebuah perkembangan remaja dilihat dari berbagai pembentukan hubungan atau sosialisasi yang baru dan peran yang tepat dalam membina hubungan yang tepat dalam perilaku seksnya. Sebuah asumsi akan kebutuhan fisiologis yang berhubungan dengan seksual itu menitiberatkan akan akibat dari tekanan-tekanan lingkungan atau kelompok dan yang lebih pengaruh dari adanya rasa keingintahuan yang besar akan aktivitas seksual. Sehingga para remaja mencari berbagai macam sumber dan informasi berkaitan dengan gaya aktivitas sebagai orang dewasa. Dikalangan remaja di era kontemporer ini sudah memiliki pengetahuan akan seksual dari teman sebaya, kelompok dan teknologi yang bisa menyebabkan aktivitas seksual, dan banyak dikalangan remaja memiliki salah informasi berkaitan dengan aktivitas seksual sehingga mengalami berbagai macam bencana salah satunya kehamilan yang tidak diinginkan hingga aborsi yang tidak legal.

Perkembangan heteroseksual mengikuti pola tertentu, namun terdapat perbedaan usia dalam mencapai berbagai tahap dalam perkembangannya, sebagian karena adanya perbedaan dalam usia pematangan seksual dan sebagian lagi karena adanya perbedaan dalam kesempatan untuk mengembangkan minat pada lawan jenis juga dipengaruhi oleh minat diantara teman sebayanya. Ada dua unsur yang berbeda dalam perkembagan heteroseksual. Yang pertama, perkembangan pola perilaku yang melibatkan kedua jenis seks dan yang kedua, perkembangan sikap yang berhubungan dengan relasi antara kedua kelompok seks.

Generasi masa lampau, kedua aspek tersebut sangat tabu karena ditentukan oleh tadisi budaya dan tidak ada kesempatan bagi remaja untuk menyimpang dari pola perilaku dan sikap yang sudah ditentukan. Ada sikap-sikap tertentu yang diharapkan untuk dimiliki setiap remaja terhadap lawan jenis dan terhadap hubungan diantara mereka. Remaja perempuan tidak lagi memandang anak laki-laki sebagai anak laki-laki melainkan sebagai pahlawan. Sikap yang sangat romantis ini juga tampak dalam segala kegiatan yang melibatkan kedua jenis seks. Sikap sosial yang baru terhadap seks, dengan mudahnya mendapatkan alat-alat kontrasepsi dan legalisasi pengguguran dibanyak negara telah membawa banyak perubahan radikal dalam perilaku seksual selama masa remaja dan dalam sikap terhadap seks dan perilaku seks.

Berkencan mempunyai banyak tujuan dalam kehidupan remaja masa kini. Karena berkencan menyajikan berbagai tujuan maka dapatlah dimengerti bila remaja menghendaki bermacam-macam orang sebagai pasangan untuk setiap jenis kencan yang berbeda. Alas an yang umum untuk berkencan selama masih remaja: