Beranda Gaya Hidup REKOMENDASI KONSUMSI KURMA SELAMA BULAN SUCI

REKOMENDASI KONSUMSI KURMA SELAMA BULAN SUCI

124
2

Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim diseluruh dunia. Bulan Ramadhan, merupakan bulan yang penuh ampunan dan bulan yang memberikan sebuah dampak positif pada perilaku kita sebagai umat. Dalam bulan Ramadhan seluruh umat muslim didunia menjalankan ibadah puasa dimana merupakan bagian dari keimanan yang  telah tertuang dalam kitab suci Al-quran, yang berbunyi

Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Al-Baqarah: l83)

Puasa merupakan bagian dari sebuah keimanan bagi umat muslim diseluruh dunia, hal ini pun dalam menjalankan ibadah puasa hampir tidak memiliki kesamaan dalam proses pendekatan waktu, salah satunya antara Indonesia dan Jerman yang memiliki perbedaan waktu dan massa dalam menjalan ibadah puasa sudah jelas akan memiliki durasi yang berbeda.

Hal ini pun menjadi serius dalam kita memilih menu makan yang tepat untuk dikonsumsi selama proses menjalankan ibadah puasa yang cukup berat ditahun ini dengan adanya wabah COVID-19 yang mengahntui dunia.

Konsumsi buah kurma memang menjadikan alternative terbaik untuk konsumsi mengingat dalam setiap kurma memiliki kandungan yang baik bagi tubuh kita, seperti:

  1. Kalori: 281 kcal per 100gr
  2. Lemak total: 0.03 gr
  3. Karbohidrat total: 5.33 gr
  4. Serat: 0.6 gr
  5. Gula: 4.5 gr
  6. Protein: 0.17 gr
  7. Vitamin B6: 0.012 mg
  8. Zat besi: 0.07 mg
  9. Magnesium: 3 mg
  10. Potassium: 47 mg

Sumber: //www.klikdokter.com/info-sehat/read/3626666/manfaat-buah-kurma-yang-jarang-diketahui

Tak hanya itu. Kurma juga kaya akan asupan kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin.

Bagaimana dengan kurma yang menjadikannya pilihan ideal dan sehat untuk mengisi tubuh yang kosong? Sebagai permulaan, kurma kaya akan gula, serat, mineral, fitonutrien, dan (saat segar) vitamin C. Kurma juga mengandung kalium, magnesium, zat besi, dan sejumlah kecil protein dan lemak. Sifat pada kurma yang sangt mudah di cerna oleh tubuh yang dimana ini dapat menjadikan sumber energy dan tinggi nutrisi yang begitu cepat, memiliki tingkat menormalkan kadar glukosa dan memiliki rasa kenyang yang sangat lama. Sehingga hal ini pun sangat dianjurkan dikonsumsi selama ibadah puasa

Kurma adalah buah dari pohon kurma yang tumbuh dibanyak daerah tropis didunia. Secara ilmiah dikenal sebagai Phoenix Dactylifera dan merupakan salah satu buah paling sehat di dunia. Termasuk dalam kategori buah kering, kurma sangat bergizi dan sangat lezat. Kurma juga memainkan peran penting dalam warisan budaya banyak negara timur tengah.

Kurma dikenal karena kandungan gula alami yang tinggi. Menarik untuk diketahui bahwa kurma kering memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah segar. Kandungan kalori pada kurma adalah salah satu fakta terpenting yang menambah preferensi meningkat untuk buah timur tengah ini. Ditanam di pohon kurma, buah-buahan ini dipanen sebagian besar oleh petani lokal dan kemudian diekspor ke seluruh dunia. Kurma tumbuh dalam pola bergerombol dan dipanen dalam tandan. Ini hampir menjadi makanan pokok bagi para praktisi Islam di seluruh dunia dan merupakan salah satu buah pembuka penting selama musim puasa. Ini karena kandungan nutrisi tinggi yang ada dalam buah ini yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk menjalankan hari.

Dari sedikit deskripsi singkat diatas memberikan gambaran bagi kita bahwa buah kurma sangat bagus kita konsumsi dikala sedang menjalankan ibadah puasa. Konsumsi kurma cukup 3 buah saja saat sahur dan berbuka puasa. Dengan berbagai macam keunggulan buah kurma penulis dan pemilik akun alsanso.com sangat merekomendasikan buah ini bagi kita semua.

2 KOMENTAR

  1. Dapat materi baru dari alsanso. Terimakasih banyak pak😇
    Selain materi kesehatan, keperawatan, disini saya juga bisa membaca materi pengetahuan islam. Banyak ilmu yg saya dapatkan dengan mengakses alsanso ini. Sukses selalu pak🤗

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here