11.4 C
Munich
Rabu, Oktober 28, 2020

PRIORITAS KESEHATAN MANUSIA

Must read

PRIORITAS KESEHATAN MANUSIA

Kehidupan penuh dengan berbagai macam cobaan dan memiliki sebuah kerentangan dalam setiap unsur, salah satunya adalah kesehatan. Kesehatan sangat penting bila dilihat dari sebuah kebutuhan manusia, bahkan dalam “teori hirarki kehidupan” memaparkan bahwa setiap individu memiliki kebutuhan yang utama adalah kebutuhan fisiologis yang ditinjau dari factor fisiologi.

Kampanye Sosial Media: Saatnya Kaum Millenial Cerdas Memilih dan Anti Money Politic

Pada akhir tahun nanti, pemilihan kepala daerah akan serentak dilaksanakan di beberapa provinsi maupun kabupaten atau kota. Ada satu opini masyarakat yang sudah mendarah daging. Money Politic atau politik uang. Rasanya tidak sah bagi pemilih apabila uang tidak hinggap ditangannya. Celetuk dari salah satu warga Surabaya,”Gak ono duite yo males nyoblos”. Ulasnya. Yang artinya tidak ada uang, maka mereka enggan untuk memilih.

IMPLEMENTASI SEBUAH KEBIJAKAN

Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu kebijakan.

UPAYA TERAPEUTIK

Klinis seharusnya mempertimbangkan kisaran dari ekspresi pasien untuk merumuskan pemahaman pengalaman pasien dan untuk merefleksikan signifikansinya. Klinis mengingat norma dan klasifikasi pengalaman dan gejala yang mungkin relevan dengan sabar tetapi pada saat yang sama memungkinkan adanya karakter yang unik dari pengalaman pasien individu.

Kehidupan penuh dengan berbagai macam cobaan dan memiliki sebuah kerentangan dalam setiap unsur, salah satunya adalah kesehatan. Kesehatan sangat penting bila dilihat dari sebuah kebutuhan manusia, bahkan dalam “teori hirarki kehidupan” memaparkan bahwa setiap individu memiliki kebutuhan yang utama adalah kebutuhan fisiologis yang ditinjau dari factor fisiologi. Kesehatan erat kaitannya dengan berbagai macam pembangunan seperti sarana dan prasarana yang menunjang dalam melakukan atau mencari kesehatan. Sering kita mendengar bahwa masih banyak daerah yang memiliki minim fasilitas kesehatan sehingga mereka rentan terserang penyakit. Ini semua ditinjau dari manusia adalah actor utama dalam pembangunan suatu negara, dengan melihat bahwa semangkin baiknya program dan sarana kesehatan yang baik dengan harapan kesehatan masyarakat tercapai maka negara memiliki pusat pembangunan yang optimal.

Manusia adalah kekayaan bangsa yang sejati, pembangunan manusia menempatkan manusia sebagai tujuan akhir pembangunan, bukan alat pembangunan. Oleh karena itu, manusia selalu menjadi sasaran pembangunan suatu bangsa. Tujuan utama pembangunan adalah menciptakan lingkungan yang memungkinkan manusia untuk menikmati umur panjang, sehat, dan produktif. Pembangunan seringkali dikonseptualisasikan sebagai upaya perubahan dari satu kondisi sosial ke kondisi sosial lainnya yang dianggap lebih baik oleh pihak-pihak (yaitu pelaku pembangunan) yang ingin melakukan perubahan. Dalam pengembangan ini standar atau parameter yang harus dicapai setelah proses perubahan dilakukan sudah ditentukan terlebih dahulu. Untuk mencapai standar yang diharapkan, tentunya membutuhkan perencanaan. Karenanya, pembangunan sering disebut sebagai perubahan sosial terencana. Dalam konteks pemerintahan yang dimaksud dengan agen pembangunan disini adalah Pemerintah.

- Advertisement -

More articles

46 KOMENTAR

  1. Penunjang kesehatan sangat diperlukan untuk meningkatkan harapan hidup manusia oleh sebab itu fasilitas kesehatan perlu ditingkatkan terutam dalam instansi kesehatan terdekat ( puskesmas ) terkait masalah kemiskinan pemerintah telah mengeluarkan Kartu jaminan kesehatan /Asuransi agar masyarakat yg kurang mampu dapat menikmati fasilitas kesehatan secara gratis. Dengan metode serqual maka harapan petugas kesehatan dalam melayani pasien dapat diterima dengan baik

  2. Permasalahan diatas merupakan permasalahan tentang minimnya fasilitas kesehatan di daerah-daerah tertentu. Terlebih pada daerah yang minim bangunan kesehatan. Padahal pembangunan sarana dan prasarana kesehatan sangat diperlukan. Permasalahan yang terjadi lagi yaitu kurangnya pelayanan kesehatan dari segala aspek. Antrian yang ada tidak kondusif bahkan pelayanan administrasi yang sangat rumit. Hal ini tidak mencerminkan konsep pelayanan prima dalam pelayanan kesehatan. Oleh karena itu, pembangunan pelayanan prima dalam pelayanan kesehatan yang menyeluruh perlu dilakukan, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.
    Mungkin itu penjelasan saya tentang permasalahan diatas, sekian dan terimakasih🙏

  3. Kesehatan merupakan hak dasar setiap individu dan seluruh warga negara berhak atas pelayanan kesehatan.Pelayanan kesehatan pun merupakan salah satu indikator positif dari meningkatnya kesadaran-kesadaran hukum di lingkungan masyarakat.

    Terimakasih materinya sangat bermanfaat…

  4. Nama: Ananda Agustin Rahmadani
    NIM: 201141004

    Saat ini masalah yang sering terjadi dalam memprioritaskan kesehatan manusia adalah
    1. Biaya yang sangat mahal
    Bagi sebagian orang yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan kesehatan dibutuhkan bantuan dari pemerintah oleh karena itu sebaiknya pemerintah berfikir lebih untuk masalah ini.
    2. Kurangnya ketersediaan fasilitas kesehatan terutama di daerah perdesaan akses yang diperoleh sangat sulit dan ribet dengan menempuh perjalanan yang panjang agar dapat memperoleh kesehatan yang menunjang dengan baik.

    Padahal kesehatan juga mempengaruhi kualitas SDM yang merupakan hak dasar setiap individu berhak atas pelayanan kesehatan dan negara berhak mengatur pemenuhan hak hidup sehat bagi warganya.

  5. Fathma Yulistya Ayu Azizah
    NIM 2011411024

    Menurut saya prioritas kesehatan manusia yang harus dijalankan adalah :
    1. Peningkatan cakupan dan mutu imunisasi
    2.Peningkatan pencegahan dan penanggulangan Penyakit Tidak Menular
    3.Pencapaian target program prioritas ini dilakukan melalui Program Indonesia Sehat dengan strategi Pendekatan Keluarga.
    4. Penigkatan gerakan masyarakat hidup sehat.

    Oleh karena itu, kebijakan pembangunan kesehatan diarahkan pada upaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan melalui peningkatan upaya promotif dan preventif. Selain itu, dibutuhkan pula dukungan dan inovasi serta pemanfaatan teknologi, sehingga pada waktu mendatang Indonesia dapat memperoleh sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

  6. Nama : Cristiane Vany Febriandini
    Nim : 2011411014
    Prodi : S1 – Ilmu Keperawatan

    Argumen di atas menurut saya membahas tentang fasilitas kesehatan dan juga kurang nya pelayanan prima dalam kesehatan. Sebenarnya menurut saya fasilitas pasti akan terpenuhi dengan seiring berjalannya waktu tetapi yang seharusnya lebih mudah dilakukan adalah meningkatkan pelayanan primanya karena pelayanan prima itu sangat dibutuhkan, tentunya dengan melakukan berbagai kegiatan seperti penyuluhan yang dimana kita di ajarkan untuk memberikan informasi dan cara mencegah yang pastinya tetap ada pada peraturan pelayanan prima dalam kesehatan.

  7. Menurut pendapat saya hubungan antara peraturan pelayanan prima dengan permasalahan diatas yaitu,
    1. Pelayanan yang terbuka, mudah diakses, dan juga mudah dimengerti.
    2. Pelayanan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan etika, perundang-undangan, dan standar operasional pelayanan.
    3. Pelayanan yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan pemberi dan penerima pelayanan.
    4. Pelayanan harus bersifat adil.
    Jadi, pelayanan prima juga harus di dukung oleh fasilitas yang memadai agar mendukung atau meningkatkan pelayanan prima tersebut.
    Sekian penjelasan dari saya, terimakasih.

  8. Nama : Maya Alviani
    NIM : 2011411091

    Menurut pendapat saya hubungan antara peraturan pelayanan prima dengan permasalahan diatas yaitu,
    1. Pelayanan yang terbuka, mudah diakses, dan juga mudah dimengerti.
    2. Pelayanan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan etika, perundang-undangan, dan standar operasional pelayanan.
    3. Pelayanan yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan pemberi dan penerima pelayanan.
    4. Pelayanan harus bersifat adil.
    Jadi, pelayanan prima juga harus di dukung oleh fasilitas yang memadai agar mendukung atau meningkatkan pelayanan prima tersebut.
    Sekian penjelasan dari saya, terimakasih.

  9. Nama:irfani dwi nursafitri
    Nim:2011411034

    Permasalahan di atas merupakan permasalahan bagi warga menengah ke bawah,dimana mereka selalu kesulitan dalam mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan di negaranya sendiri.alasanya adalah masyarakat sering kesulitan dalam memperoleh pelayanan kesehatan,salah satunya adalah biaya yang mahal,pelayanan yang kurang optimal,fasilitas kesehatan yang kurang memadai,dan jauhnya jarak yang di tempuh dengan kondisi medan yang sulit.
    Contohnya di pelosok2 desa yang ada di indonesia,mereka sangat kesulitan dalam menjangkau pelayanan kesehatan di karenakan medan yang kurang memungkinkan sehinggga banyak dari mereka yang memilih berobat secara tradisional menurut apa yang mereka ketahui saja.

  10. Nama:denny fhang dwi astuti
    2011411015
    Masalah yg di alami dari artikel diatas adalah:
    1.minimnya kesadaran tenaga medis karna tenaga medis ada yg membeda bedakan pasien dari ras,budaya,dan ekonomi
    2.minimnya fasilitas kesehatan disuatu daerah tersebut hingga menyebkan pasien banyak yg tidak mendapatkan pelayanan yg optimal
    3.pengaruh biaya yg besar sedangkan banyak pasien yg memiliki ekonomi yg rendah dan pas2san
    4.karna minimnya pengetahuan masyarakat tentang kesehatan

  11. Nama : Junita sari
    NIM : 2011411037

    Menurut saya yang terdapat dalam pembahasan tersebut adalah tentang fasilitas kesehatan.
    Saat ini fasilitas untuk mendukung pelayanan kesehatan di Indonesia belum seluruhnya tersebar. Sehingga timbul adanya ketidakmerataan pelayanan kesehatan di Indonesia yang mengakibatkan sebagian masyarakat di daerah tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, seperti fasilitas kesehatan rumah sakit. Jumlah rumah sakit yang dibangun di perkotaan lebih banyak dibandingkan yang ada di daerah. Sehingga terjadi ketidakseimbangan antara fasilitas di kota dan di daerah.
    Namun di tahun ini pemerintah sudah mulai untuk memprioritaskan kesehatan di Indonesia dengan menaikan jumlah anggaran untuk bidang kesehatan, tetapi jumlah itu belum sebanding dengan bidang anggaran lain. Semoga Indonesia bisa mewujudkan fasilitas kesehatan yang memadai dan dapat tercapai.

  12. Nama : Anggita Febri Firmana Putri
    NIM : 2011411006

    Permasalahan tsb merupakan permasalahan minimnya fasilitas dalam kesehatan. Bagaimanapun kesehatan adalah suatu prioritas bagi seluruh manusia, dan semua manusia juga berhak mendapatkan pelayanan prima dengan baik dalam kesehatan. Seperti lengkap nya fasilitas kesehatan, tenaga medis, dan bagaimana cara memrioritaskan. Karena kesehatan manusia sangat mempengaruhi sumber daya manusia yang mempunyai hak untuk hidup sehat.

  13. Nama : Anggita Febri Firmana Putri
    NIM : 2011411006

    Permasalahan tsb merupakan permasalahan minimnya fasilitas dalam kesehatan. Bagaimanapun kesehatan adalah suatu prioritas bagi seluruh manusia, dan semua manusia juga berhak mendapatkan pelayanan prima dengan baik dalam kesehatan. Seperti lengkap nya fasilitas kesehatan, tenaga medis, dan bagaimana cara memrioritaskan. Karena kesehatan manusia sangat mempengaruhi sumber daya manusia yang mempunyai hak untuk hidup sehat.

  14. Nama : Anggita Febri Firmana Putri
    NIM : 2011411006

    Permasalahan tsb merupakan permasalahan minimnya fasilitas dalam kesehatan. Bagaimanapun kesehatan adalah suatu prioritas bagi seluruh manusia, dan semua manusia juga berhak mendapatkan pelayanan prima dengan baik dalam kesehatan. Seperti lengkap nya fasilitas kesehatan, tenaga medis, dan bagaimana cara memrioritaskan. Karena kesehatan manusia sangat mempengaruhi sumber daya manusia yang mempunyai hak untuk hidup sehat.

  15. Nama:denny fhang dwi astuti
    2011411015

    1.masalah sarana prasarana yg minim
    2.kurangnya kesadaran tenaga medis karna ada tenaga medis yg memandang ras, budaya,dan status ekonomi klien
    3.minimnya pengetahuan masyarakat tentang kesehatan
    4.biaya pelayanan kesehatan yg mahal

  16. nama:krisnahermawan
    nim :2011411040

    prioritas tersebut, yakni menyelesaikan agenda kesehatan MDGs‎ yang belum selesai. Agenda tersebut antara lain kesehatan ibu, kesehatan anak, penyakit menular, dan kesehatan lingkungan.
    Kedua, menangani penyakit tidak menular (PTM) dan fa‎ktor risikonya. Yaitu penyakit kanker, jantung, diabetes, dan penyakit paru kronik. Sedangkan faktor risiko yakni merokok, diet, kurang aktivitas fisik, dan konsumsi alkohol.
    Ketiga, penerapan International Health Regulation (IHR) 2005. “Supaya dunia siap menghadapi kemungkinan pandemi dan melakukan prevensi, deteksi dan respons (PDR) untuk penyakit wabah dunia. Seperti Ebola, MERS CoV, flu burung, dan lain-lain,” imbuhnya.

  17. Nama : Alya Dewanti Yunia Putri
    NIM : 2011411003
    Kelas : 1A
    Mata Kuliah : Pelayanan Prima

    Untuk mendapatkan Pelayanan Prima yang optimal memiliki beberapa unsur
    1. Tersedia dan berkesinambungan, artinya fasilitas yang dimiliki rumah sakit harus lengkap untuk memenuhi setiap kebutuhan masyarakat. Minimnya sarana dan prasarana dapat menyebabkan minimnya pula pelayanan prima, oleh karena itu setiap rumah sakit harus memiliki penunjang kesehatan lainnya yang dibutuhkan masyarakat
    2. Dapat diterima dan bersifat wajar, artinya proses pengobatan tidak boleh asal asalan atau bertentangan dengan kepercayaan dan keyakinan setiap individu
    3. Mudah dijangkau, untuk mewujudkan
    pelayanan kesehatan yang baik, maka pengaturan distribusi sarana
    kesehatan menjadi sangat penting. Pelayanan kesehatan yang terlalu
    terkonsentrasi di daerah perkotaan saja dan itu tidak ditemukan di daerah
    perdesaan bukanlah pelayanan kesehatan yang baik
    4. Adanya dukungan dari pemerintah dan masyarakat sekitar. Adanya dukungan dari lembaga pemerintah berarti memiliki ijin untuk mendirikan suatu instansi untuk melakukan kegiatan pelayanan kesehatan
    5. Dalam memberikan pelayanan kesehatan tidak lengkap apabila kita
    tidak didukung oleh suatu lembaga yang menaungi perawat apabila
    terjadi suatu hal yang tidak di inginkan

    Demikian penjelasan dari saya. Terimakasih

  18. Fathma Yulistya Ayu Azizah
    NIM 2011411024

    Menurut saya masalah yang sering terjadi dalam memprioritaskan kesehatan manusia yaitu
    1. Minimnya fasilitas kesehatan di daerah-daerah tertentu
    2. Kurangnya pelayanan kesehatan dari segala aspek seperti pelayanan administrasi yang sangat rumit
    3. Kurangnya sarana dan prasarana terutama yang berada di daerah pedesaan akses yang diperoleh sangat sulit.

    Berdasarkan hal hal di atas bisa diambil kesimpulan bahwa, pelayanan prima harus memiliki fasilitas yang memadai, sarana dan prasarana yang mudah diperoleh, pelayanan juga harus terbuka, dan bersifat adil untuk mewujudkan pelayanan prima yang optimal pada masyarakat.

  19. Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan atau serangkaian kegiatan yang dilakukan secara terpadu terintegrasi dan berkesinambungan untuk meningkatkan derajat kesehatan.ada beberapa upaya pelayanan kesehatan yg di wajibkan pemerintah :
    1.pelayanan kesehatan promotif
    2.pelayanan kesehatan preventif
    3.Pelayanan kesehatan kuratif
    4.pelayanan kesehatan rehabilitatif

    Kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia,seseorang tidak akan memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya jika berada dalam kondisi kurang sehat.pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk menjamin setiap warga negara memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas.
    Maka pemerintah penyediaan barang atau jasa bidang kesehatan mutlak :
    1.menjamin ketersediaan barang /jasa kesehatan
    2 menyediakan barang/jasa kesehatan yang di perlukan oleh warga yang kurang mampu .mengingat kebutuhan warga negara terhadap jasa kesehatan sangat vital maka peranan pemerintah harus distandaritasi agar warga negara dapat memenuhi kebutuhan dibilang kesehatan.standar pelayanan minimal ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar dan itu adalah urusan pemerintah yang wajib di peroleh oleh setiap warga negara.

    Maka pelaksanaan pelayanan prima bidang kesehatan perlu memerhatikan
    • mengupayakan paparan yang jelas
    •mengikuti aturan /prosedur
    •hak/kewajiban pemberi dan penerima
    •selalu di upayakan untuk menciptakan pola pelayanan yang tepat .

    Pengendalian dan pengawasan pelaksanaan nya diharuskan kepada petugas agar menggunakan sikap sopan dan ramah,memperhatikan kebersihan lingkungan dan pemberian pelayanan dilakukan secara tertib,teratur &adil

    Kualitas adalah kepuasan pelanggan seutuhnya dan sikap pelanggan sangatlah dinamis jadi,suatu perusahaan harusmengembangkan kualitas layanan,menindak lanjuti layanan dan mengembangkan sistem informasi agar supaya pelanggan tetap nyaman .

    Metode yang tepat meningkatkan kualitas adalah mengutamakan kepuasan pelanggan ,dan kebijakan program yang memiliki hasil akhir yg memuaskan

    Bagai mana cara kita mengedepankan dengan cara melihat metode?
    Caranya yaitu;
    -tangible
    -reability
    -respont
    -assurance
    -bersifat empaty

    #sekian dari saya semoga bermanfaat

  20. Nama : Dini Putri Kartika

    permasalahannya disini adalah karna kurang nya fasilitas. kalau saja fasilitas memadai dan lengkap maka klien akan merasakan kenyamanan begitupun juga sebaliknya, jika fasilitas tidak memadai, maka klien akan lebih berpikir-pikir ulang untuk memilih Rs tersebut. Padahal sarana dan prasarana tidak dapat dipungkiri merupakan hal esensial dalam membantu kelancaran pelayanan prima.
    Dan adanya faktor biaya yang sangat mahal dan dengan fasilitas yang tidak lengkap.

  21. Nama:denny fhang dwi astuti

    1.masalah sarana prasarana yg minim
    2.kurangnya kesadaran tenaga medis karna ada tenaga medis yg memandang ras, budaya,dan status ekonomi klien
    3.minimnya pengetahuan masyarakat tentang kesehatan
    4.biaya pelayanan kesehatan yg mahal

  22. Nama : Elen anista rahayu
    Nim : 2011411022

    Masalah yang sering terjadi dalam memprioritaskan kesehatan manusia
    Menurut saya permasalahan di atas adalah tentang minimnya fasilitas kesehatan di daerah tertentu , pembangunan sarana dan prasarana saat ini di butuhkan dan untuk saat ini masalah yang sering terjadi memprioritaskan kesehatan manusia adalah
    -Biaya yang mahal jadi orang kurang mampu & sangat kesulitan untuk melakukan nya
    – Kurangnya ketersediaan fasilitas di daerah perdesaan jadi sulit untuk melakukan nya.
    Sekian penjelasan dari saya , Terimakasih

  23. nama : chotimatul kamia
    nim : 2011411012
    Menurut pendapat saya hubungan antara peraturan pelayanan prima dengan permasalahan diatas yaitu,Pelayanan yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan pemberi dan penerima pelayanan.kesehatan penting bagi masyarakat dan khususnya untuk tubuh manusia. Pelayanan harus bersifat adil.
    Jadi, pelayanan prima juga harus di dukung oleh fasilitas yang memadai agar mendukung atau meningkatkan pelayanan prima tersebut.
    Sekian penjelasan dari saya, terimakasih.

  24. Dari artekel diatas, dapat disimpulkan bahwa kesehatan adalah aset terpenting bagi setiap masyarakat. namun, di beberapa daerah tertentu masih dijumpai minimnya pembangunan sarana dan prasarana kesehatan yang dimana sangat diperlukan bagi setiap golongan masyarakat. bukan hanya itu, pelayanan yang diberikan juga memiliki beberapa aspek yang dirasa kurang maksimal seperti antrian panjang yg tidak kondusif, rumitnya pengurusan persyaratan administrasi, hingga keberadaan calo dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin masih kerap dijumpai oleh masyarakat. Hal ini tentu saja tidak mencerminkan konsep pelayanan prima dalam kesehatan. Oleh karena itu, konsep pelayanan prima dalam kesehatan wajib diterapkan unuk bertujuan menciptakan kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang guna mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya

  25. Nama : Dhelvia Tilman Marcal
    Nim : 2011411017

    antara masalah yang di atas dengan pelayanan prima menurut saya Pelayanan kesehatan bagi masyarakat harus menjadi prioritas utama, dalam menciptakan daerah yang sehat, kuat dan berkualitas. Sejumlah faskes baik tingkat pertama (Puskesmas) sampai Lanjutan (Rumah Sakit), terus dilakukan pembenahan dan pengembangan dalam pemenuhan pelayanan bagi masyarakat.

  26. Nama : Fayza Dewi Rahmasari
    NIM : 2011411025

    Permasalahan tsb merupakan permasalahan minimnya fasilitas dalam kesehatan.
    1. Masalah sarana dan prasarana yang minim.
    2. Kurangnya kesadaran tenaga medis karna ada tenaga medis yang memandang ras,budaya dan status ekonomi klien
    3. Minimnya pengetahuan masyarakat tentang kesehatan.
    4. Biaya pelayanan kesehatan yang mahal. Bagaimanapun kesehatan adalah suatu prioritas bagi seluruh manusia, dan semua manusia juga berhak mendapatkan pelayanan prima dengan baik dalam kesehatan. Seperti lengkap nya fasilitas kesehatan, tenaga medis, dan bagaimana cara memrioritaskan. Karena kesehatan manusia sangat mempengaruhi sumber daya manusia yang mempunyai hak untuk hidup sehat.

  27. Nama: Inyeti Chrestina Petrus
    NIM: 2011411033

    Berdasarkan pemaparan di atas permasalahan pelayanan kesehatan yang dihadapi adalah:
    Kurangnya fasilitas kesehatan yang berada di suatu daerah terutama di daerah-daerah terpencil. Masih banyak sarana dan prasarana yang tidak tersedia sehingga sulit bagi mereka dalam mencari atau melakukan pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan bagi masyarakat harus dilakukan secara adil agar semua masyarakat dapat merasakan atau mendapat pelayanan kesehatan yang layak, untuk itu perlu dilakukan perbaikan dan pembangunan kesehatan di daerah yang membutuhkan.

  28. Nama : lhesti yatul hasanah
    Nim : 2011411031
    Menurut pendapat saya tentang permasalahan diatas kesehatan masyarakat memang selalu menjadi prioritas pembangunan pemerintahan dan berpandangan bahwa masyarakat yang sehat merupakan aset negara yang tak ternilai harganya namun tidak berarti kesehatan masyarakat hanya merupakan tanggung jawab pemerintah semata karna partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan yang sehat juga memiliki peran yang besar dalam mewujudkan masyarakat yang sehat namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi prioritas kesehatan masyarakat yaitu
    1. Kualitas SDM menurun dan banya orang sakit
    2. Status sosial (kedudukan dalam masyarakat ). Alternatif yang diprioritaskan bagi seorang guru berbeda dengan pedagang kaki lima
    3. Tingkat pendapatan. Alternatif pilihan bagi seorang yang berpenghasilan tinggi berbeda dengan orang yang berpenghasilan menengah atau rendah

  29. Permasalahan diatas merupakan permasalahan tentang
    1. Minimnya fasilitas kesehatan di daerah tertentu. Kurangnya suatu pembangunan kesehatan didaerah tersebut.
    2. Pelayanan kesehatan menjadi keluhan masyarakat yang kurang mampu. Mempunyai aspek kesehatan yang kurang dalam pelayanan kesehatan seperti antian panjang yang tidak kondusif, rumit dalam persyaratan adminutrasi.
    3. Minimnya pengetahuan masyarakat tentang kesehatan.
    4. Biaya pelayanan kesehatan yg mahal.

  30. – Nama : Jesica Renedy

    permasalahan pada bacaan diatas meliputi :
    1). minimnya fasilitas kesehatan di beberapa daerah sehingga mereka rentan terserang penyakit.
    2). buruknya pelayanan, mulai dari antrian panjang yang tidak kondusif, rumitnya pengurusan persyaratan administrasi, hingga keberadaan calo dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin yang kerap dijadikan lahan usaha beberapa individu.

    dalam hal ini mengingat karakteristik barang/jasa kesehatan tidak dapat diusahakan diproduksi sendiri secara langsung oleh masing2 warga negara, melainkan harus ada pihak lain yg secara khusus memproduksi dan menyediakan, penyediaan barang/jasa bidang kesehatan mutlak memerlukan keterlibatan pemerintah untuk:

    – menjamin ketersediaan barang/jasa kesehatan yang dapat diperoleh warga negara yang memerlukan sesuai dengan kebutuhan.
    – menyediakan barang/jasa kesehatan bagi warga negara yang tidak mampu memenuhi kebutuhan di bidang kesehatan.

    dalam memecahkan permasalahan nomor 2, kita sebagai pelayan prima dalam pelayanan kesehatan wajib menerap kan konsep excellent service yg meliputi :
    1. attitude
    attitude/sikap yg harus diterapkan ketika menemui pelanggan. SIkap ramah, penuh perhatian, sopan, berpikir sehat, berpikir positif, dan juga membuat nyaman bagi konsumen.
    2. attention
    dalam melakukan pelayanan, para customer service juga harus memperhatikan dan mencermati apa yang diinginkan oleh konsumen. menaruh perhatian lebih pada apa yang dipilih dan ingin ditanyakan oleh konsumen. kdapat mengucapkan salam, dan bertanya, “ada yang bisa kami bantu?”.
    3. action
    action meliputi berbagai tindakan nyata yang harus dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Misalnya saja mencatat pesanan konsumen, melakukan pengiriman dengan rapi dan tepat waktu, menyediakan jasa atau barang terbaik yang dimiliki, dan juga jangan lupa untuk berterima kasih kepada konsumen.
    4. ability
    pelayan konsumen harus memiliki kemampuan untuk melayani konsumen misalnya komunikasi, kemampuan menjual (selling), kemampuan memecahkan masalah dengan cepat, manajemen kecemasan.
    5. appearance
    jenggunakan jasa konsultasi fashion, namun orang yang melayani Anda urakan dan tidak berpenampilan selayaknya seorang konsultan fashion. pasti kita mempertanyakan kredibilitas pelayanannya bukan? begitulah appearance atau penampilan sangat mempengaruhi pelayanan prima.penampilan juga bukan hanya penampilan luar, namun penampilan non-fisik misalnya saja kewarasan dan gaya bicara.
    6. accountability
    sebagai pelayan konsumen harus memiliki  rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan pelayanan, ini sebenarnya menjadi dasar tiap pekerjaan.
    7. affirmation
    harus memiliki sikap afirmatif. artinya, sebagai pelayan, kita harus membuat diri kitaa berfikir positif dan menegaskan diri kita pada hal-hal yang positif..
    8. sympathy
    hal terakhir yang menjadi konsep dasar excellent service adalah rasa simpati. Kadang kita sudah secara profesional melakukan pelayanan prima namun terkadang karena kurangnya simpati yang dimiliki, proses pelayanan pun tidak berjalan dengan baik.

  31. Nama: Ericha Indah Maulyna

    Argumen di atas menurut saya membahas tentang fasilitas kesehatan dan juga kurang nya pelayanan prima dalam kesehatan. Sebenarnya menurut saya fasilitas dan pelayanan pasti akan memadai jika penunjangan biaya lebih besar maka dari itu klien menengah kebawah tidak bisa merasakan fasilitas memadai dan pelayanan bagus. Agar tidak di sebut pilih kasih maka dari itu prioritas kesehatan harus lebih di utamakana untuk menurunkan angka kematian.

  32. – Nama : Jesica Rened

    permasalahan pada bacaan diatas meliputi :
    1). minimnya fasilitas kesehatan di beberapa daerah sehingga mereka rentan terserang penyakit.
    2). buruknya pelayanan, mulai dari antrian panjang yang tidak kondusif, rumitnya pengurusan persyaratan administrasi, hingga keberadaan calo dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin yang kerap dijadikan lahan usaha beberapa individu.

    dalam hal ini mengingat karakteristik barang/jasa kesehatan tidak dapat diusahakan diproduksi sendiri secara langsung oleh masing2 warga negara, melainkan harus ada pihak lain yg secara khusus memproduksi dan menyediakan, penyediaan barang/jasa bidang kesehatan mutlak memerlukan keterlibatan pemerintah untuk:
    – menjamin ketersediaan barang/jasa kesehatan yang dapat diperoleh warga negara yang memerlukan sesuai dengan kebutuhan.
    – menyediakan barang/jasa kesehatan bagi warga negara yang tidak mampu memenuhi kebutuhan di bidang kesehatan.

    dalam memecahkan permasalahan nomor 2, kita sebagai pelayan prima dalam pelayanan kesehatan wajib menerap kan konsep excellent service yg meliputi :
    1. attitude
    attitude/sikap yg harus diterapkan ketika menemui pelanggan. SIkap ramah, penuh perhatian, sopan, berpikir sehat, berpikir positif, dan juga membuat nyaman bagi konsumen.
    2. attention
    dalam melakukan pelayanan, para customer service juga harus memperhatikan dan mencermati apa yang diinginkan oleh konsumen. menaruh perhatian lebih pada apa yang dipilih dan ingin ditanyakan oleh konsumen. kdapat mengucapkan salam, dan bertanya, “ada yang bisa kami bantu?”.
    3. action
    action meliputi berbagai tindakan nyata yang harus dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Misalnya saja mencatat pesanan konsumen, melakukan pengiriman dengan rapi dan tepat waktu, menyediakan jasa atau barang terbaik yang dimiliki, dan juga jangan lupa untuk berterima kasih kepada konsumen.
    4. ability
    pelayan konsumen harus memiliki kemampuan untuk melayani konsumen misalnya komunikasi, kemampuan menjual (selling), kemampuan memecahkan masalah dengan cepat, manajemen kecemasan.
    5. appearance
    jenggunakan jasa konsultasi fashion, namun orang yang melayani Anda urakan dan tidak berpenampilan selayaknya seorang konsultan fashion. pasti kita mempertanyakan kredibilitas pelayanannya bukan? begitulah appearance atau penampilan sangat mempengaruhi pelayanan prima.penampilan juga bukan hanya penampilan luar, namun penampilan non-fisik misalnya saja kewarasan dan gaya bicara.
    6. accountability
    sebagai pelayan konsumen harus memiliki  rasa tanggung jawab terhadap pekerjaan pelayanan, ini sebenarnya menjadi dasar tiap pekerjaan.
    7. affirmation
    harus memiliki sikap afirmatif. artinya, sebagai pelayan, kita harus membuat diri kitaa berfikir positif dan menegaskan diri kita pada hal-hal yang positif..
    8. sympathy
    hal terakhir yang menjadi konsep dasar excellent service adalah rasa simpati. Kadang kita sudah secara profesional melakukan pelayanan prima namun terkadang karena kurangnya simpati yang dimiliki, proses pelayanan pun tidak berjalan dengan baik.

  33. Setelah membaca artikel di atas, yang dapat saya simpulkan adalah

    Kesehatan sangat penting bila dilihat dari sebuah kebutuhan manusia. Kesehatan erat kaitannya dengan berbagai macam pembangunan seperti sarana dan prasarana yang menunjang dalam melakukan atau mencari kesehatan. Sering kita mendengar bahwa masih banyak daerah yang memiliki minim fasilitas kesehatan sehingga mereka rentan terserang penyakit. Ketidakstabilan daerah di bidang kesehatan ini akan berimplikasi pada pemerataan pembangunan dan hasilnya, juga pelayanan kesehatan masih menjadi keluhan masyarakat kurang mampu di Indonesia di antaranya, yaitu antrian panjang yang tidak kondusif, rumitnya pengurusan persyaratan administrasi, hingga keberadaan calo dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin yang kerap dijadikan lahan usaha beberapa individu.

    Oleh karena itu, pembangunan kesehatan yang menyeluruh dan berkelanjutan perlu dilakukan, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Sesuai dengan peraturan pelayanan prima dalam pelayanan kesehatan. Karena kesehatan juga memengaruhi kualitas sumber daya manusia.

  34. Menurut pendapat saya mengenai permasalahan diatas hubungan dengan peraturan dalam pelayanan kesehatan adalah:
    1.Masih banyak daerah yang memiliki minim fasilitas kesehatan, maka dari itu seharusnya pemerintah membangun fasilitas kesehatan yang rata terutama di daerah terpencil yang sering kekurangan fasilitas kesehatan sehingga mereka kesusahan dalam mencari pelayanan kesehatan.
    2. Pelayanan kesehatan masih menjadi keluhan masyarakat kurang mampu mulai dari antrian panjang yang tidak kondusif dan rumitnya pengurusan persyaratan administrasi, masalah ini berkaitan dengan ekonomi masyarakat tersebut dan untuk masalah rumitnya pengurusan persyaratan administrasi itu mungkin masih ada orang yang kurang mengerti dengan persyaratan yang diberikan maka dari itu kita harus menjelaskan kepada mereka itu yang menyebabkan antrian panjang dan tidak kondusif maka dari itu pembangunan kesehatan yang menyeluruh dan berkelanjutan perlu dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, serta kemampuan hidup sehat bagi setiap orang guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

  35. Nama : Ayu Romania Novianti
    dalam artikel di atas dapat kita simpulkan permasalahan apa yang ada di dalam kesehatan yaitu kurangnya fasilitas yang berada di daerah-daerah terpencil atau pelosok. Biaya kesehatan yang terbilang mahal. Disini juga masih banyak sarana dan prasarana yang tidak memadai atau tidak tersedia jadi sulit untuk mengakses pelayanan kesehatan ke desa-desa yang terpencil atau tempat-temapat pelosok yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan ini juga harus dilakukan secara adil tidak boleh membeda-bedakan antara yang mampu ataupun tidak mampu dan harus dilayanin secara adil agar semua masyarakat dapat merasakan pelayanan kesehatan yang layak dan baik.

  36. Dalam permasalhan di atas tidak di pungkiri lagi kalau pembanguan yang merata dapat di dukung dengan berjalannya ekonomi masyarakat yang lebih baik lagi hal ini sudah di lakukan di era presiden sekarang dengan mengadakan pembangunan jalan terutama di plosok negri timur kita yaitu papua dengan seiringnya bertambah pembangunan maka tidak di pungkiri lagi akan berjalan sejajar dengan kualitas kesahatan kita dimana kesehatan di indonesia cukup memprihatinkan di kalanagan masyarakat setidaknya dengan pembangunan yg di usung pemerintah maka akan mempermudah lagi untuk masyarakat mendapat pelayanan kesehatan terutama di bagian indonesia timur

  37. Assalamualaikum Wr. Wb. Perkenalkan nama saya Brigitha Sesia Ingerani, mohon izin untuk menjelaskan permasalahan prioritas kesehatan manusia.

    Sarana dan prasarana yang menunjang dalam suatu pencarian kesehatan cukup kurang karena masih banyak fasilitas kesehatan yang minim yang menyebabkan mereka rentan terserang penyakit. Banyak masyarakat yang mengeluhkan pelayanan kesehatan, seperti antrian panjang, rumitnya pengurusan andministrasi, keberadaan calo dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin yang kerap dijadikan lahan usaha beberapa individu.

    Maka dari itu guna terciptanya prioritas kesehatan manusia yang baik, pemerintah mempunyai tanggung jawab untuk menjamin setiap warganya untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas sesuai kebutuhan menurut peraturan-peraturan dalam pelayanan prima dalam kesehatan. Dan harus memperhatikan metode apa yang harus ditingkatkan dalam sebuah pelayanan seperti Tangibles (bukti terukur), Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan) dan Empathy (empati).

    Sehingga yang saya simpulkan disini adalah setiap orang berhak mendapatkan sebuah pelayanan kesehatan yang baik, berkualitas dan optimal. Dan kebijakan kebijakan yang dilakukan terkait pelayanan kesehatan diharapkan masyarakat mampu meningkatkan kesadarannya tentang haknya dalam pelayanan kesehatan. Karena kesehatan merupakan hak dasar dasar setiap manusia.

    Terima kasih. Waalaikumsalam Wr. Wb.

  38. Nama : Komang Depiani
    Kelas : A

    Dari artikel diatas tentang prioritas kesehatan manusia, dapat saya simpulkan bahwa, kesehatan sangatlah penting bagi seluruh manusia untuk mengetahui derajat kesehatannya, namun ada beberpa kendala di layanan kesehatan yang erat kaitannya dengan berbagai macam bangunan seperti, sarana dan prasarana yang menunjang dalam melakukan ataupun mencari layanan kesehatan. Maka dari itu kita harus memiliki prinsip pelayanan utama seperti :
    -Memiliki sebuah prosedur
    -kejelasan dalam melakukan sebuah tindakan pelayanan kesehatan
    -Rincian biaya pelayanan dan tata cara pembayaran
    -kepastian waktu pelaksanaan
    -Akurasi produk
    -Keamanan proses dan produk pelayanan
    -Tanggung jawab
    -Kelengkapan sarana dan prasarana
    -Kemudahan akses
    -Kedisipilan, kesopanan, dan keramah tamahan dalam memberikan pelayanan
    -Kenyamanan lingkungan

    Adanya pelayanan yang terbaik kepada masyarakat adalah menjadi tolak ukur kesuksesan dalam menciptakan sebuah loyalitas dan kepuasan masyarakat.

    Sekian kesimpulan dari saya, selamat siang dan terimakasih,,,,,

  39. Terimakasih banyak untuk jendela wawasan yang di salurkan oleh pak Eko melalui media alsanso.

    Sebelumnya saya Glorya Indah S dari S1 Ilmu Keperawatan (1.A).

    Menurut saya page ini membahas tentang permasalahan mendasar yang global mendunia khususnya negara Indonesia tentang kemiskinan dalam ranah kesehatan sosial. Dapat dilihat saat ini pelayanan kesehatan belum terjangkau secara luas dan maksimal khususnya pada masyarat keluarga yang berstatus menengah kebawah, walaupun pemerintah sudah melakukan upaya pemerataan jangkauan pelayanan kesehatan tersebut.
    Saat ini masalah yang sering terjadi dalam pelayanan kesehatan masyarat adalah:
     Biaya yang masih tergolong cukup mahal bagi sebagian masyarat tertentu untuk mendapatkan fasilitas dan akses kesehatan yang layak dan optimal. Sehingga saat ini pemerintah juga telah melakukan tindakan untuk menanggulangi permasalahan ini, dengan cara yaitu :
    • Memperbaiki jangkauan fasilitas dan akses dalam bidang kesehatan supaya dapat dijangkau dan dirasakan bagi semua masyarat tanpa tertenu.
    • Memberikan kartu layanan berupa jaminan kesehatan guna kesejahteran rakyat sekalian. (BPJS Ketenagakerjaan untuk para pekerja/karyawan, KIS (Kartu Indonesia Sehat) untuk kalangan keluarga masyarat yang berstatus menengah kebawah, dll.

    Sekian penjelasan singkat dari saya, terimakasih.

  40. Nama: Inyeti Chrestina Petrus

    Berdasarkan pemaparan di atas menurut saya permasalahan pelayanan kesehatan yang dihadapi adalah
    Masalah keterbatasan fasilitas pelayanan kesehatan di negara Indonesia terutama di daerah pedalaman atau terpencil.
    Kekurangan sarana dan prasarana bagi mereka yang mencari dan melakukan perjalanan kesehatan membuat masalah kesehatan di daerah pedalaman atau terpencil meningkat. Padahal seharusnya pelayanan kesehatan dilakukan secara adil kepada seluruh masyarakat, untuk itu perbaikan ataupun pembangunan fasilitas kesehatan di daerah terpencil atau pedaman sangat dibutuhkan guna menunjang pelayanan kesehatan yang optimal.

  41. Nama: Choi Datul Rohma wati
    Nim :2011411011
    Dari artikel diatas dapat dijelaskan bahwa dinegara Indonesia mempunyai kekurangan pada fasilitas kesehatan di masyarakat, apalagi masyarakat yang tinggal di daerah – daerah terpencil di Indonesia. Fasilitas kesehatan yang memamdai sangatlah diperlukan bagi masyarakat tersebut, karena jika fasilitas kesehatan kurang memadai maka akan sulit bagi mereka untuk mendapatkan kedupan yang layak atau kehidupan yang sehat.Pelayanan kesehatan masih menjadi keluhan masyarakat kurang mampu di Indonesia. Buruknya pelayanan dapat dilihat dari berbagai aspek. Mulai dari antrian panjang yang tidak kondusif, rumitnya pengurusan persyaratan administrasi, hingga keberadaan calo dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin yang kerap dijadikan lahan usaha beberapa individu. Oleh karena itu, pembangunan kesehatan yang menyeluruh dan berkelanjutan perlu dilakukan, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Ketidakstabilan daerah di bidang kesehatan ini akan berimplikasi pada pemerataan pembangunan dan hasilnya. Kesehatan merupakan investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi, dan memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Kesehatan juga mempengaruhi kualitas sumber daya manusia.Begitu pula dengan UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, di mana kesehatan merupakan salah satu dari enam urusan rangkap (bersama) yang wajib dan terkait dengan pelayanan dasar, mencakup enam bidang urusan, yaitu: Education; Health; Public Works and Spatial Planning; Public Housing and Settlement Areas; Peace, Public Order and Community Protection; and Social (Aziza, 2016).Kesehatan merupakan hak dasar setiap individu dan seluruh warga negara berhak atas pelayanan kesehatan. Meningkatnya kesadaran masyarakat tentang hak-haknya dalam pelayanan kesehatan merupakan salah satu indikator positif dari meningkatnya kesadaran hukum di masyarakat. Kesehatan merupakan hak dasar setiap warga negara, oleh karena itu setiap individu, keluarga, dan masyarakat berhak mendapat perlindungan atas kesehatannya, dan negara bertanggung jawab mengatur pemenuhan hak hidup sehat bagi penduduknya, termasuk bagi masyarakat miskin dan tidak mampu.

  42. Nama setya Rizki toni yuliyanto
    Nim 2011411071
    Semester 1 klas B
    S1 ilmu keperawatan
    Makasih pak infonya
    Memang benar pak pelayanan kesehatan di indonesia ini kurang cukup bagus harusnya lebih di tekankan lagi menggunakan pelayanan prima agar masyarakat dan juga pasien merasa senang dan merasa aman dan nyaman.
    Padahal kesehatan merupakan hal yang penting dalam kehidupan masyarakat karena berkaitan dengan kelangsungan hidup . Bagaimana negara indonesia ini bisa maju dan berkembang sedangkan rakyatnya aja soal kesehatanya belum terjamin
    Dan juga realitanya kesehatan di indonesia masih jauh tertinggal dari negara negara tetangga.
    Harusnya dalam rangka membangun status kesehatan yang optimal pemberian pelayanan kesehatan perlu dilaksanakan dalam konteks pembangunan kesehatan secara keseluruhan dengan mempertimbangkan determinan sosial antara kondisi kehidupan sehari hari , tingkat pendidikan, pendapatan keluarga , distribusi kewenangan, keamanan, sumber daya, kesadaran masyarakat serta kemampuan tenaga kesehatan dalam mengatasi masalah masalah tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article

PRIORITAS KESEHATAN MANUSIA

Kehidupan penuh dengan berbagai macam cobaan dan memiliki sebuah kerentangan dalam setiap unsur, salah satunya adalah kesehatan. Kesehatan sangat penting bila dilihat dari sebuah kebutuhan manusia, bahkan dalam “teori hirarki kehidupan” memaparkan bahwa setiap individu memiliki kebutuhan yang utama adalah kebutuhan fisiologis yang ditinjau dari factor fisiologi.

Kampanye Sosial Media: Saatnya Kaum Millenial Cerdas Memilih dan Anti Money Politic

Pada akhir tahun nanti, pemilihan kepala daerah akan serentak dilaksanakan di beberapa provinsi maupun kabupaten atau kota. Ada satu opini masyarakat yang sudah mendarah daging. Money Politic atau politik uang. Rasanya tidak sah bagi pemilih apabila uang tidak hinggap ditangannya. Celetuk dari salah satu warga Surabaya,”Gak ono duite yo males nyoblos”. Ulasnya. Yang artinya tidak ada uang, maka mereka enggan untuk memilih.

IMPLEMENTASI SEBUAH KEBIJAKAN

Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu kebijakan.

UPAYA TERAPEUTIK

Klinis seharusnya mempertimbangkan kisaran dari ekspresi pasien untuk merumuskan pemahaman pengalaman pasien dan untuk merefleksikan signifikansinya. Klinis mengingat norma dan klasifikasi pengalaman dan gejala yang mungkin relevan dengan sabar tetapi pada saat yang sama memungkinkan adanya karakter yang unik dari pengalaman pasien individu.

ADAPTASI KOMUNIKASI EFEKTIF DITELAAH DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

Kesadaran manusia tidak dapat dipisahkan dari komunikasi. Kondisi komunikasi dalam konteks klinis ditentukan oleh niat peduli dan ketidaksetaraan hubungan, yang menyiratkan tanggung jawab khusus dari pihak klinisi.