Beranda News Nasional PENTINGNYA PENGGUNAAN MASKER

PENTINGNYA PENGGUNAAN MASKER

262
5

Kini adalah zaman dimana kita berada pada kondisi pandemik covid-19, kondisi dimana kita harus mengerti dengan mengikuti berbagai macam protocol yang telah ditetapkan dan dianggap perlu dalam mencegah terjangkitnya virus covid-19. Penggunaan masker tidak mendorong anda dalam kondisi yang tidak nyaman tapi justru penggunaan masker memberikan sebuah nuansa keindahan ketika anda memakai, kini penggunaan masker bisa menjadikan trend dan memberikan rasa kepercayaan diri terhadap penggunanya

Yang lebih terpenting masker harus digunakan sebagai bagian dari strategi tindakan komprehensif untuk menekan penularan dan menyelamatkan nyawa, penggunaan masker saja tidak cukup untuk memberikan tingkat perlindungan yang memadai terhadap COVID-19. Jika COVID-19 menyebar di komunitas Anda, tetap aman dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan sederhana, seperti menjaga jarak secara fisik, mengenakan masker, menjaga ruangan berventilasi baik, menghindari keramaian, membersihkan tangan, dan batuk ke siku atau tisu yang tertekuk.

Berikut dasar-dasar cara memakai masker:

  1. Bersihkan tangan sebelum mengenakan masker, serta  sebelum dan sesudah Anda melepasnya, dan setelah Anda menyentuhnya kapan saja.
  2. Pastikan itu menutupi hidung, mulut, dan dagu Anda.
  3. Saat Anda melepas masker, simpan di dalam kantong plastik bersih, dan cuci masker setiap hari jika itu adalah masker kain, atau buang masker medis di tempat sampah.
  4. Jangan gunakan masker dengan katup.

Mengenakan penutup wajah adalah salah satu hal terpenting yang dapat kita lakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona. Di lingkungan dan tempat kerja kita selalu mengenakan masker wajah diwajibkan kecuali jika seseorang sendirian di dalam ruangan, sendirian di luar, makan, minum, atau berolahraga atau jika hal itu mengganggu aktivitas kurikuler yang diperlukan. Namun penggunaan masker hanya berhasil jika semua orang melakukannya. Dorong rekan-rekan Anda untuk melakukan bagian mereka untuk menjaga komunitas kita tetap aman. Berikut beberapa petunjuk saat Anda melihat seseorang tidak memakai masker:

  1. Tetap tenang saat mendekati sesama. Ingatlah untuk memberi jarak sejauh enam kaki antara Anda dan orang lain.
  2. Dekati dan ingatkan rekan anda dengan baik bahwa memakai penutup wajah membantu semua orang tetap aman dikomunitas kita, dan minta mereka untuk memakai penutup wajah.
  3. Ingatlah, kita semua perlu melakukan bagian kita, tetapi itu bukan harapan bahwa Anda mengawasi orang lain. Ingatkan teman dan teman sekelas Anda tentang ekspektasi tersebut.

Masker sangat penting dalam kita memberantas penyebaran virus corona dengan meningkatkan kepekaan kita terhadap pola perilaku yang tersusun pada perubahan yang kita lakukan. Masker memberikan beberapa keuntungan yang baik pada pengguna di masa pandemic ini. Penggunaan masker harus tetap kita lakukan kapan pun dan dimana pun ketika kita melakukan berbagai macam kegiatan.