Beranda Seputar Kesehatan Public Health PENTINGNYA ARTI CUCI TANGAN

PENTINGNYA ARTI CUCI TANGAN

160
1

Pembangunan kesehatan merupakan bagian dari pembangunan yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya termasuk perilaku kesehatan. Perilaku mempunyai dampak terhadap derajat kesehatan yang cukup besar, maka diperlukan berbagai upaya untuk mengubah perilaku yang tidak sehat menjadi sehat melalui program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui Kebijakan Nasional Promosi Kesehatan (Promkes) dengan ditetapkannya visi nasional Promkes sesuai Keputusan Menteri Kesehatan RI. No.1193/ MENKES/ SK/ X/ 2004 yaitu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat 2010.

PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan, dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. PHBS juga perlu dilakukan di tatanan institusi pendidikan atau sekolah yang merupakan salah satu bentuk perwujudan paradigma sehat yang diterapkan di institusi pendidikan atau sekolah untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat terutama anak sekolah dasar yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.

Penyebaran penyakit-penyakit menular seperti diare, ISPA dan Flu Burung hingga Covid 19 yang merupakan penyebab kematian pada anak dapat dengan perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang merupakan salah satu komponen dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) semua proses tersebut diharapkan dapat menekan angka kesakitan atau bahkan kematian. Tangan adalah salah satu area jalan masuknya penyakit infeksi, maka mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun sebaiknya rutin dilakukan. Penyakit infeksi mempunyai dua jalan masuk ke tubuh manusia, yaitu melalui tangan dan hidung. Jika manusia mencuci tangan sampai bersih secara rutin, maka otomatis mata rantai penyakit infeksi yang masuk melalui tangan akan putus.

1 KOMENTAR

  1. Terimakasih atas ilmunya bapak, sangat bermafaat dan mudah dipahami.
    Tetap semangat trus untuk pembaharuan ilmu-ilmu yang bermanfaat guna pembangunan artikel kedepannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here