Beranda News Nasional PENCEGAHAN KANKER

PENCEGAHAN KANKER

117
1
open close-up of a woman from behind with yellow scarf covering her head without hair contemplating the sea horizon - concept fight against cancer

Kanker adalah sekelompok besar penyakit yang dapat dimulai di hampir semua organ atau jaringan tubuh ketika sel abnormal tumbuh tak terkendali, melampaui batas biasanya untuk menyerang bagian tubuh yang berdekatan dan / atau menyebar ke organ lain. Proses terakhir disebut metastasis dan merupakan penyebab utama kematian akibat kanker. Neoplasma dan tumor ganas adalah nama umum lainnya untuk kanker.

Kanker adalah penyebab kematian kedua secara global, terhitung sekitar 9,6 juta kematian, atau satu dari enam kematian, pada tahun 2018. Kanker paru-paru, prostat, kolorektal, lambung dan hati adalah jenis kanker yang paling umum pada pria, sedangkan payudara, kanker kolorektal, paru-paru, serviks, dan tiroid adalah yang paling umum di antara wanita.

Beban kanker terus meningkat secara global, memberikan tekanan fisik, emosional dan finansial yang luar biasa pada individu, keluarga, komunitas dan sistem kesehatan. Banyak sistem kesehatan di negara berpenghasilan rendah dan menengah paling tidak siap untuk menangani beban ini, dan sejumlah besar pasien kanker secara global tidak memiliki akses ke diagnosis dan pengobatan berkualitas tepat waktu. Di negara-negara dengan sistem kesehatan yang kuat, tingkat kelangsungan hidup berbagai jenis kanker meningkat berkat deteksi dini yang dapat diakses, pengobatan berkualitas, dan perawatan penyintas.

Antara 30% dan 50% kematian akibat kanker dapat dicegah dengan memodifikasi atau menghindari faktor risiko utama dan menerapkan strategi pencegahan berbasis bukti yang ada. Beban kanker juga dapat dikurangi melalui deteksi dini kanker dan penanganan pasien yang mengidap kanker. Pencegahan juga menawarkan strategi jangka panjang yang paling hemat biaya untuk pengendalian kanker.

Mengubah atau menghindari faktor risiko utama berikut dapat membantu mencegah kanker:

  1. Hindari penggunaan tembakau, termasuk rokok dan tembakau tanpa asap
  2. Menjaga berat badan yang sehat
  3. Makan makanan sehat dengan banyak buah dan sayuran
  4. Berolahraga secara teratur
  5. Batasi penggunaan alkohol
  6. Mempraktikkan seks aman
  7. Mendapatkan vaksinasi terhadap hepatitis b dan human papillomavirus (hpv)
  8. Mengurangi paparan radiasi ultraviolet dan radiasi pengion (pencitraan diagnostik pekerjaan atau medis)
  9. Hindari polusi udara perkotaan dan asap dalam ruangan dari penggunaan bahan bakar padat rumah tangga
  10. Dapatkan perawatan medis secara teratur
  11. Beberapa infeksi kronis juga merupakan faktor risiko kanker. Orang-orang di negara berpenghasilan rendah dan menengah lebih mungkin mengembangkan kanker melalui infeksi kronis.

Kanker lebih mungkin merespons pengobatan yang efektif ketika diidentifikasi lebih awal, menghasilkan kemungkinan bertahan yang lebih besar serta morbiditas yang lebih rendah dan pengobatan yang lebih murah.

Ada dua strategi berbeda yang mempromosikan deteksi dini:

  1. Diagnosis dini mengidentifikasi kasus kanker yang bergejala pada tahap sedini mungkin
  2. Skrining bertujuan untuk mengidentifikasi individu dengan kelainan yang mengarah pada kanker tertentu atau pra-kanker yang belum menunjukkan gejala apa pun dan merujuk mereka segera untuk diagnosis dan pengobatan.

Pilihan pengobatan termasuk pembedahan, obat kanker dan  atau radioterapi, diberikan sendiri atau dalam kombinasi. Tim ahli kanker dari berbagai disiplin ilmu merekomendasikan rencana pengobatan terbaik berdasarkan jenis tumor, stadium kanker, klinis dan faktor lainnya. Pilihan pengobatan harus didasarkan pada preferensi pasien dan mempertimbangkan kapasitas sistem kesehatan.

Perawatan paliatif, yang berfokus pada peningkatan kualitas hidup pasien dan keluarganya, merupakan komponen penting dari perawatan kanker. Perawatan bertahan hidup mencakup rencana terperinci untuk memantau kekambuhan kanker dan deteksi kanker baru, menilai dan mengelola efek jangka panjang yang terkait dengan kanker dan  atau pengobatannya, dan layanan untuk memastikan bahwa kebutuhan penderita kanker terpenuhi.

1 KOMENTAR

  1. Hidup bersih sehat itu memang sangat penting bukan hanya dari luar tapi juga dari dalam.
    untuk mencegah terjadinya resiko kanker seperti Yang sudah dijelaskan artikel diatas ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti berolahraga secara teratur, kurangi minum beralkohol, Banyak makan makanan buah dan sayur dan Masi banyak lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here