Beranda News PELAKSANAAN ASESSMENT DARING LAPANGAN PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN INSTITUT KESEHATAN DAN BISNIS...

PELAKSANAAN ASESSMENT DARING LAPANGAN PROGRAM STUDI D3 KEBIDANAN INSTITUT KESEHATAN DAN BISNIS SURABAYA

298
4

Surabaya IKBiS, Akreditasi merupakan proses peninjauan untuk menentukan apakah program pendidikan yang berada dalam suatu institusi telah memenuhi standar yang telah ditentukan dan dituangkan dalam bentuk aturan. Senada dengan paparan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI, Prof Dr DYP Sugiharto secara tegas mengingatkan bahwa akreditasi merupakan nyawa Perguruan Tinggi dan Program Studi (prodi). “Bicara akreditasi berarti bicara tentang nyawanya sebuah Perguruan Tinggi dan Prodi, amanah dari Undang-undang yang harus kita laksanakan secara akuntabel,” ujarnya dalam acara Sosialisasi dan Implementasi Kebijakan Badan Akreditasi Nasioanal Perguruan Tinggi. Hal itu pun menjadikan sebuah akreditasi dalam bentuk keadaan yang penting pada setiap ruang dan lingkup institusi pendidikan. Dalam proses akreditasi pun tidak lantas diberikan selama-lamanya melainkan dalam jangka waktu 5 tahun, hal ini pun memberikan sebuah realita yang positif agar setiap institusi bisa bergerak maju dan mengembangkan lebih baik lagi.

Nah disinilah kita bisa mengkaji bahwa adanya perbedaan antara institusi kesehatan dengan institusi non kesehatan yang dimana Prodi kesehatan memiliki masa berlaku selama 5 tahun. Ini pun mendorong para dosen di bidang kesehatan harus tetap mengejar dan melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi sebagai bagian dari yang dinilai oleh Lembaga Akreditasi Perguruan Tinggi Kesehatan atau biasa yang kita sebut dengan LAM PTKes. Dengan kata lain inilah adanya perbedaan yang dimana masa berkalu pada program studi kesehatan tidak lantas otomatis diperpanjang. Akreditasi yang dimaksud adalah suatu proses untuk melakukan penilaian suatu program studi yang dilaksanakan secara rutin serta masih mengikuti pedoman seperti yang tertuang dalam Permendikbud nomor 5 tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.. Instrumen penilaiannya menggunakan 9 kriteria dengan 137 indikator penilaian. Tujuannya adalah memberikan kesempatan pada prodi untuk menilai diri sendiri dan mengetahui kelebihan serta kekurangannya untuk selanjutnya dilakukan pembinaan agar mutunya lebih baik. Hasilnya, peringkat penilaian program studi perguruan tinggi dikategorikan atas baik, baik sekali, dan unggul.

Kini Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya telah mengajukan proses Re-akreditasi yang melihat pada pendataan 5 tahun tersebut, dengan kata lain Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya memiliki kesempatan besar bisa menaikkan strata lebih baik lagi. Dengan dukungan dan semangat yang dihaturkan kepada para dosen serta kontribusi yang baik dari pihak yayasan memberikan suatu kondisi dimana membawa dinamika yang optimal.

Pelaksanaan proses akreditasi Program Studi Diploma Kebidanan Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya yang telah dilakukan pada tanggal 26-28 Juli 2021, dengan dilakukannya berbagai penilaian oleh asesor pada kajian yang telah ditentukan dalam 9 standar yaitu 1). Visi, Misi, Tujuan, Dan Startegi; 2). Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerja Sama; 3). Mahasiswa; 4). Sumber Daya Manusia (Sdm); 5). Keuangan, Sarana dan Prasarana; 6). Pendidikan; 7). Penelitian; 8). Pengabdian Kepada Masyarakat; 9). Luaran Dan Capaian: Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Dengan pendekatan ini pula Program Studi Diploma Kebidan memberikan hasil kenerjanya dalam sega bentuk kajian dan akan mendapat penilaian oleh para Asesor Lapangan yang telah ditunjuk dalam melakukan “Asessment Daring Lapangan Program Studi D3 Kebidanan Institut Surbaya. Para assessment yang ditunjuk oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia sebagai asesor adalah Ibu Yeti Hernawati,SST.,M.Keb. & Ibu Eviyani Margaretha M., S.Keb., BD., M.Keb.

Serta tak lupa pula adanya dukungan moril dan pemecut semangat para dosen dalam melaksanakan akreditasi ini adalah pak Dr. Ahmad Hariyanto, Drs., M.Si. selaku Rektor Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya dan Ibu Uswatun Hasanah, M.Ked.Trop. selaku Ketua Yayasan Pengembang Sumberdaya Manusia Telang. Dan tak lupa bapak rektor IKBiS berucap bahwa kedepannya aka nada peningkatan strata dari D3 kebidanan menjadi D4 atau S1 Kebidanan.

Alsanso.com dengan penuh semangat memberikan dukungan kepada Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya dalam mendorng kemajuan untuk lebih baik. Dan sedikit penutup dari penulis “TUNGGU APALAGI SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA DI IKBiS SURABAYA”.

SEMOGA SUKSES DAN JAYA SELALU INSTITUT KESEHATAN DAN BISNIS SURABAYA………………..