Connect with us

Lintas Kesehatan

MADU DAN KESEHATAN

Allah subhanahu wa ta’ala mewahyukan kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa sallambahwa madu dapat menyembuhkan manusia dari berbagai macam penyakit. Madu dalam Kitab Suci Al-Quran sebagai sumber penyembuhan: bahwa “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,’ kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (Quran Surat An-Nahl Ayat 68-69)

Published

on

Prev1 of 5
Use your ← → (arrow) keys to browse

Allah subhanahu wa ta’ala mewahyukan kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa sallambahwa madu dapat menyembuhkan manusia dari berbagai macam penyakit. Madu dalam Kitab Suci Al-Quran sebagai sumber penyembuhan: bahwa “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia,’ kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.” (Quran Surat An-Nahl Ayat 68-69)

Madu adalah salah satu produk alami yang paling dihargai dan dihargai yang diperkenalkan kepada umat manusia sejak zaman kuno.Madu digunakan tidak hanya sebagai produk nutrisi tetapi juga dalam kesehatan yang dijelaskan dalam pengobatan tradisional dan sebagai pengobatan alternatif untuk kondisi klinis mulai dari penyembuhan luka hingga perawatan kanker.Tujuan dari tinjauan ini adalah untuk menekankan kemampuan madu dan banyaknya dalam aspek pengobatan. Secara tradisional, madu digunakan dalam pengobatan penyakit mata, asma bronkial, infeksi tenggorokan, tuberkulosis, haus, cegukan, kelelahan, pusing, hepatitis, sembelit, serangan cacing, tumpukan, eksim, penyembuhan bisul, dan luka serta digunakan sebagai nutrisi suplemen.

Prev1 of 5
Use your ← → (arrow) keys to browse

Continue Reading
Advertisement
15 Comments

15 Comments

  1. Qashiratuttarafi

    Mei 7, 2020 at 6:37 pm

    Informasi menarik tetkait madu… ditunggu kelanjutan tulisannya lg pak terkait madu. jangan lupa konsumsi madu jg ya pak hehehhe

  2. Andi Sugistino Prayoga

    Mei 7, 2020 at 9:07 pm

    I like it..

    Semoga bermanfaat dan kita bisa mengkonsumsi madu setiap hari agar stamina tubuh kita kuat.

  3. Umul azmiyatul ulya

    Mei 7, 2020 at 9:08 pm

    Alhamdulillah..
    Artikelnya sangat menarik mengenai “madu” ini, ga ngebosenin untuk bahan bacaan, dan bahan pengetahuan

    Disamping “madu” sangat enak dikonsumsi banyak khasiatnya ternyata..😊
    Sebelumnya terimakasih atas pengetahuanya pak.

    Ditunggu artikel selanjutnya yaa bapak Eko Budi Santoso😊🙏

  4. Maulana Anang Ramadhan

    Mei 7, 2020 at 9:11 pm

    artikel nya sangat jelas dan dari kata² sangat bisa di pahami mengenai madu ini, semoga bermanfaat bagi semua kalangan yg belum mengerti tentang madu dalam kesehatan, sekali lagi terima atas artikel nya, di tunggu artikel² terkait penjelasan atau pembahasan yg lainnya

  5. Fersalin Oktovina umbora

    Mei 8, 2020 at 1:38 am

    Dari artikel diatas sangat bermanfaat bagi kita mengenai madu yang dapat digunakan tidak hanya produk nutrisi dan juga p tetapi juga kesehatan dalam pengobatan tradisional yg dapat mengobati berbagai macam penyakit, melalui madu, Trimakasih juga pak atas artikel nya yang diberikan sangat bermanfaat melalui artikel ini kita dapat memahami tentang kegunaan madu yg lebih spesifik dan benar , agar dapat digunakan sesuai dengan keperluannya. Tidak hanya asal menggunakan nya saja.

  6. F34

    Mei 8, 2020 at 2:03 am

    Mudah dipahami untuk semua kalangan.

  7. F34

    Mei 8, 2020 at 2:07 am

    Sangat membantu dan bahasa mudah dipahamj

  8. Indri Yani Okta Brianti

    Mei 8, 2020 at 11:32 am

    Barakallah madu sangat berkhasiat sekali, terima kasih untuk artikel ini semoga semakin banyak artikel lainnya. Selamat berkarya semoga sukses aamiin

  9. Oktaviyanti i

    Mei 8, 2020 at 9:37 pm

    terimakasih pak, jadi sudah paham tentang manfaat madu, tidak hanya untuk nutrisi tetapi dalam pengobatan sekaligus stamina tubuh, ditunggu artikel selanjutnya pak

  10. Sindi Fatika Sari

    Mei 9, 2020 at 8:59 pm

    Terimaksih pak, saya sudah mengerti tentang manfaat madu yang berguna dalam pengobatan, artikelnya pun cukup membantu saya mengerti tentang manfaatnya madu untuk stamina tubuh. Ditunggu artikel selanjutnya pak..

  11. Katarina firawati fenyapwain

    Mei 10, 2020 at 5:08 am

    Terimakasih banyak pak, Atas Artik yang bapak berikan ini tentang manfaat madu yang paling penting dalam kesehat tubuh kita, dan berguna juga bagi pengobatan dan manfaat madu untuk stamina tubuh kita semua semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan kami tunggu artikel bapak berikut nyaaa.

  12. Syafiqah Tsabitah Sari

    Mei 10, 2020 at 5:08 am

    Sangat suka dengan artikel yg penuh dengan ilmu yg bermanfaat, terus menyebarkan ilmu Yg bermanfaat…
    Ini sangatlah keren😊

  13. Mega Putri Auliya

    Mei 10, 2020 at 11:05 pm

    Terima kasih pak artikelnya sangat bermanfaat, kita bisa mengenal madu dengan kesehatannya.

  14. Diah Mita Widiani

    Mei 12, 2020 at 5:53 am

    Terimakasih pak untuk artikelnya, kita jadi lebih mengenal dan memahami madu beserta khasiatnya

  15. Intan permatasari

    Mei 12, 2020 at 9:39 am

    Artikelnya sangat bermanfaat,kita dapat mengetahui manfaat madu bagi kesehatan,selain enak rasanya.
    Tp pak kenapa ada orang yg alergi dengan Madu ?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *