Beranda Seputar Kesehatan Public Health KOMUNIKASI PERAWAT DALAM KEBERHASILAN TINDAKAN

KOMUNIKASI PERAWAT DALAM KEBERHASILAN TINDAKAN

483
38

#By. Eko Budi Santoso

Perawat sangat penting dalam memberikan layanan kesehatan esensial dan merupakan inti dalam proses layanan kesehatan. Keperawatan sangat dekat dengan sebuah komunitas atau individu yang menginginkan sebuah kesehatan, dengan demikian membentu individu atau kelompok mendapatkan kesehtan yang optimal. Perawat biasanya bertindak sebagai petugas pertama terhadap krisis dan bencana kemanusiaan yang kompleks; pelindung dan pendukung komunitas dan komunikator serta koordinator dalam tim. Komunikasi adalah komponen inti dari hubungan yang baik, kolaborasi, dan kerja sama, yang pada gilirannya merupakan aspek penting dari praktik profesional. Kualitas komunikasi dalam interaksi antara perawat dan pasien memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil akhir pasien. Peningkatan dalam komunikasi keperawatan dapat mengurangi kesalahan medis dan membuat perbedaan dalam hasil positif pasien. Bab ini membahas bagaimana komunikasi yang efektif dan keterampilan interpersonal dapat meningkatkan praktik keperawatan profesional dan hubungan keperawatan dengan berbagai pemangku kepentingan. Ini menjelaskan prinsip-prinsip komunikasi, proses komunikasi, tujuan komunikasi, jenis komunikasi, hambatan komunikasi yang efektif, model komunikasi dan strategi meningkatkan komunikasi dan pedoman untuk interaksi terapeutik yang sukses.

Perawat sangat penting dalam memberikan layanan kesehatan esensial dan merupakan inti dalam memperkuat sistem kesehatan. Mereka membawa perawatan yang berpusat pada orang lebih dekat dengan komunitas di mana mereka paling dibutuhkan, dengan demikian membantu meningkatkan hasil kesehatan dan efektivitas biaya layanan secara keseluruha. Perawat biasanya bertindak sebagai penanggap pertama terhadap krisis dan bencana kemanusiaan yang kompleks; pelindung dan pendukung komunitas dan komunikator serta koordinator dalam tim. Keterampilan komunikasi untuk perawat sangat penting tetapi mungkin sulit untuk dikuasai. Komunikasi adalah pertukaran informasi antara orang-orang dengan mengirim dan menerimanya melalui berbicara, menulis atau dengan menggunakan media lain. Komunikasi yang jelas berarti informasi tersampaikan secara efektif di antara orang-orang. Untuk menjadi perawat yang sukses, diperlukan keterampilan komunikasi yang baik.

Keterampilan dan strategi komunikasi yang efektif penting bagi perawat. Komunikasi yang jelas berarti informasi tersampaikan secara efektif antara perawat, pasien, anggota keluarga dan kolega. Namun, disadari bahwa keterampilan tersebut tidak selalu terbukti dan perawat tidak selalu berkomunikasi dengan baik dengan pasien, anggota keluarga, dan kolega. Pesan yang dikirim mungkin bukan pesan yang diterima. Makna sebuah pesan bergantung pada makna literalnya, indikator non-verbal yang menyertainya, dan konteks penyampaiannya. Oleh karena itu, mudah untuk salah menafsirkan pesan, atau menafsirkannya dengan benar, tetapi memutuskan untuk tidak mengejar makna tersembunyinya, hal ini menyebabkan hambatan komunikasi. Hambatan terus menerus dalam komunikasi yang efektif menyebabkan kerusakan bertahap dalam hubungan.