Beranda Seputar Kesehatan Public Health KEGUNAAN KONDOM

KEGUNAAN KONDOM

369
15


Efektifitas kondom sebagai alat pencegahan HIV menurut beberapa studi mencapai 98,7%. namun cara penyimpanan yang tidak tepat, kegagalan negosiasi dengan klien dan cara penggunaan yang tidak benar dapat mengurangi efektivitas kondom sebagai alat pencegah penularan HIV. Kondom telah dikenal luas sebagai metode dual protection, mencegah kehamilan dan mencegah penularan HIV. Dalam konteks program pencegahan HIV, penggunaan kondom secara konsisten menjadi salah satu indikator pencegahan HIV, penggunaan kondom secara konsisten menjadi salah satu indikator outcome yang penting. Peningkatan penggunaan kondom secara konsisten bagi MARP diasumsiakn akan menurunkan inseden baru infeski HIV dan dalam jangka panjang menahan laju epidemi HIV. Penggunaan kondom secara konsisten yang dimaksud dalam penelitian ini adalah penggunaan kondom dalam setiap hubungan seks yang dilakukan dalam setiap transaksi seksual.


Jadi dapat dikatakan bahwa salah satu indikator perubahan perilaku terpenting dalam hampir semua Intervensi Perubahan Perilaku (IPP) untuk pencegahan HIV adalah peningkatan penggunaan kondom secara konsisten pada setiap hubungan seks beresiko. Hubungan seks beresiko adalah hubungan seks penetratif yang berganti-ganti pasangan dan tidak menggunakan pengaman atau kondom. Penggunaan kondom adalah barrier method untuk mencegah terjadinya pertukaran cairan.


Sebagai bagian dari pemberian sumber informasi yang bersifat aktif, saya sebagai punulis memberikan pesan kepada pembaca agar selalu berperilaku positif dengan mengedepankan peningkatan pengetahuan dan ilmu agama sebagai bagian dari pengambilan keputusan dalam berperilaku yang baik. Ada hal yang sangat riskan dalam kehidupan kita mengingat semangkin banyaknya para penjaja seksual maka tingkatkan keilmuan sebelum melangkah dalam mengambil sebuah keputusan.

Referensi
1. KPA Nasional. Strategi Nasional Penanggulangan HIV/AIDS 2007-2010, www.aidsindonesia.or.id.
2. BBKBN dan Kemenkes RI. Pedoman Pelayanan Keluarga Berencana Pasca Persalinan di Fasilitas Kesehatan. 2012
3. Lubis, Ramona Dumasari. Penggunaan Kondom. Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin. Fakultas Kedoteran Universitas Sumatra Utara. 2008
4. Septi Kurniawati. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kader Wanita Pekerja Seks Dalam Upaya Menggerakan Pemakaian Kondom Secara Konsisten Di Lokalisasi Kabupaten Banyuwangi (Thesis). Universitas Diponegoro. Semarang