Beranda Seputar Kesehatan Public Health KEGUNAAN KONDOM

KEGUNAAN KONDOM

369
15


2. Kondom Perempuan
Kondom perempuan berbentuk kantung, tabung silinder, yang tergantung longgar saat terpasang di vagina, dengan bahan yang tipis, transparan, panjang 17 cm, diameter 6-7.cm. Bersifat elastis dan fleksibel, sehingga mudah mengikuti kontur vagina. Terdapat dua cincin di kedua ujungnya, di bagian dalam berfungsi saat memasukkan kedalam vagina, dan bagian ujung luar yang berfungsi menahan bagian luar. Terdapat lubrikan di sisi dalam dan luar kondom. Pada ujung bagian dalam terdapat busa/spons yang berfungsi menyerap sperma. Biasanya berwarna cerah seperti merah jambu atau bening. (19)


Penelitian menunjukkan bahwa kondom perempuan minimal memerlukan tiga kali percobaan sebelum pemakai percaya diri menggunakannya. Pengguna diharapkan mencoba untuk memasang dan melepaskannya dulu dengan berbagai posisi tubuh sehingga menemukan posisi yang paling nyaman, dan dilakukan sebelum saat berhubungan yang sesungguhnya. Konselor harus meyakinkan bahwa semakin lama dan sering menggunakan, proses akan menjadi lebih mudah.(19)


Beberapa laporan menyebutkan adanya peningkatan sensitivitas jika dibandingkan penggunaan kondom laki-laki. Dapat digunakan dengan menambahkan lubrikan berbasis air ataupun minyak, dengan kualitas bahan dasar poliuretan yang lebih kuat daripada latex pada kondom laki-laki, dan tidak menyebabkan reaksi alergi. Walaupun belum ada studi khusus tentang keefektifannya terhadap pecegahan penularan HIV, data yang ada menunjukkan setidak-tidaknya mempunyai keefektifan yang sama dengan kondom laki-laki.(19)


Kondom perempuan dapat digunakan oleh perempuan yang peduli akan kesehatan reproduksi dan ingin melindungi diri dan pasangannya dari IMS, menghindari kehamilan yang tidak diinginkan, saat menstruasi, baru melahirkan, pasca histerektomi, peri dan pasca menopause, alergi lateks (untuk kondom dari poliuretan), alergi nonoxynol-9 spermisid, dan jika yang bersangkutan atau pasangannya menderita HIV(19)


Kondom wanita adalah jondom yang dirancang khusus untuk digunakan oleh perempuan, berbentuk silinder yang dimasukkan ke dalam alat kelamin atau kemaluan wanita. Kondom wanita berfungsi untuk mencegah kehamilan dan mengurangi resiko penyakit menular seksual. Kondom wanita memiliki dua ujung di mana ujung yang satu yang dimasukkan ke arah rahim tertutup dengan busa untuk menyerap sperma dan ujung yang lain ke arah luar terbuka.(19)