Beranda Seputar Kesehatan Public Health KEGUNAAN KONDOM

KEGUNAAN KONDOM

369
15

Jenis-Jenis Kondom
1. Kondom Laki-laki
Kondom merupakan sarung dari latex yang tipis, digunakan pada penis ketika mlakukan hubungan sexual. Kondom berguna untuk mengumpulkan semen sebelum, selama dan sesudah ejakulasi dan menghalangi sperma memasuki vagina. Pemakaian kondom dengan benar dan sesuai anjuran dapat mencegah risiko penularan penyakit infeksi menular seksual dan dapat juga digunakan dalam metode Keluarga Berencana.

Semangkin beredarnya kondom yang dapat dijumpai hamper disetiap pusat perbelanjaan hal tersebut dapat tercermin dalam semangkin mudahnya sarana dalam mendapatkan kondom, jika kita berbicara kondom maka fikiran kita adalah melakukan hubungan intim secara tak resmi, namun pendapat tersebut salah mengingat kondom adalah bagian dari salah satu pencegahan kehamilan. Kondom yang dibuat di pabrik yang berstandar memiliki struktur, keadaan, warna hingga lebar dan panjangnya pun berbeda-beda. Melihat dari penjualan kondom semangkin tinggi pabrik memberikan inovasi berupa aroma dan pada umumnya ada 2 bentuk kondom yang sering dijumpai yaitu mempunyai pinggang yang lurus (straight-sided), mempunyai diameter yang sama pada kedua ujung dan bentuk yang mengepas (contoured), mempunyai bentuk yang hampir sama dengan straight-sided tetapi lebar untuk kepala dari penis lebih kecil. Bentuk yang ketiga yaitu meruncing dari ujung yang tertutup dengan diameter yang lebih kecil dari bagian yang terbuka. Bentuk yang keempat yaitu adanya bulatan pada ujung dari bagian yang tertutup.

Kebanyakan kondom latex mempunyai ketebalan antara 0,01-0,09 mm. Buatan Amerika Serikat pada umumnya 0,03-0,07 mm, sedangkan buatan Jepang ketebalannya 0,01-0,03 mm. Lebar dari kondom jika dikembangkan (berhubungan diameter), mempunyai range antara 47-55 mm dan ukuran yang sering digunakan yaitu 52 mm. Kondom latex mempunyai panjang dengan range 160-210 mm dan ukuran yang sering digunakan antara 170-190 mm.(19)