Beranda Seputar Kesehatan Public Health KEGUNAAN KONDOM

KEGUNAAN KONDOM

336
15

Penularan penyakit terutama pada infeksi menular seksual kini sudah sangat memprihatinkan, perilaku tersebut didapatkan akibat dari beberapa factor pencetus dan memberikan pandangan atau pilihan dalam melakukan sebuah keputusan yang akan diambil sebagai bagian dari kehidupannya. Ada berbagai macam asumsi dalam menurunkan angka kesakitan yang disebabkan oleh virus tertentu yang berdampak menyebabkan penularan dari yang terjangkit, hal ini pun kondom memang bukan suatu alternatif terbaik melainkan perubahan perilaku berisiko tersebut yang akan diubah, namun mengingat perubahan perilaku tidak semudah membalikan telapak tangan. Sehingga hal ini pun penulis memberikan asumsi apakah kondom memberikan efek signifikan dalam pencegahan penularan infeksi tapi hal ini pun didorong pada sikap atas kepatuhan penggunaan kondom yang konsisten.

Kondom bagian dari salah satu metode dalam pencegahan kehamilan atau penularan penyakit kelamin pada saat melakukan hubungan seksual, yang berupa alat berbentuk selubung atau sarung karet. Kondom terbuat dari bahan latex karet yang dimana akan dipakai pada alat kelamin pria dan wanita dalam keadaan ereksi sebelum melakukan hubungan intim. Kondom bukan sebagai jamin dalam memberikan rasa aman dan nyaman dalam melakukan kegiatan tersebut serta kondom bukan sebagai jaminan yang aman dalam mencegah penularan penyakit Infeksi Menular Seksual, melainkan penulis disini memberikan edukasi berkaitan dengan kondom dan kegunaannya.


Cara Kerja Kondom :
1. Menghalangi terjadinya pertemuan sperma dan sel telurdengan cara mengemas sperma di ujung selubung karet yangdipasang pada penis sehingga sperma tersebut tidak tercurah ke dalam saluran reproduksi perempuan.
2. Mencegah penularan mikroorganisme (IMS termasuk HBVdan HIV/AIDS) dari satu pasangan kepada pasangan yang lain (khusus kondom yang terbuat dari lateks dan vinil).