4.8 C
Munich
Senin, Oktober 26, 2020

IMPLEMENTASI SEBUAH KEBIJAKAN

Must read

PRIORITAS KESEHATAN MANUSIA

Kehidupan penuh dengan berbagai macam cobaan dan memiliki sebuah kerentangan dalam setiap unsur, salah satunya adalah kesehatan. Kesehatan sangat penting bila dilihat dari sebuah kebutuhan manusia, bahkan dalam “teori hirarki kehidupan” memaparkan bahwa setiap individu memiliki kebutuhan yang utama adalah kebutuhan fisiologis yang ditinjau dari factor fisiologi.

Kampanye Sosial Media: Saatnya Kaum Millenial Cerdas Memilih dan Anti Money Politic

Pada akhir tahun nanti, pemilihan kepala daerah akan serentak dilaksanakan di beberapa provinsi maupun kabupaten atau kota. Ada satu opini masyarakat yang sudah mendarah daging. Money Politic atau politik uang. Rasanya tidak sah bagi pemilih apabila uang tidak hinggap ditangannya. Celetuk dari salah satu warga Surabaya,”Gak ono duite yo males nyoblos”. Ulasnya. Yang artinya tidak ada uang, maka mereka enggan untuk memilih.

IMPLEMENTASI SEBUAH KEBIJAKAN

Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu kebijakan.

UPAYA TERAPEUTIK

Klinis seharusnya mempertimbangkan kisaran dari ekspresi pasien untuk merumuskan pemahaman pengalaman pasien dan untuk merefleksikan signifikansinya. Klinis mengingat norma dan klasifikasi pengalaman dan gejala yang mungkin relevan dengan sabar tetapi pada saat yang sama memungkinkan adanya karakter yang unik dari pengalaman pasien individu.

Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu kebijakan. Selanjutnya menurut Van Metter dan Van Horn, implementasi kebijakan adalah tindakan yang dilakukan oleh individu atau pejabat atau pemerintah atau kelompok swasta yang diarahkan untuk mencapai tujuan yang dituangkan dalam keputusan kebijakan. Kemudian, menurut Bambang Sunggono, implementasi kebijakan merupakan upaya untuk mencapai tujuan tertentu dengan fasilitas tertentu dan dalam urutan waktu tertentu.. Proses implementasi kebijakan hanya dapat dimulai ketika tujuan kebijakan telah ditetapkan, program implementasi telah dibuat, dan dana telah dialokasikan untuk pencapaian tujuan kebijakan tersebut, Implementasi merupakan salah satu tahapan dalam Proses kebijakan publik biasanya implementasi dilakukan setelah suatu kebijakan dirumuskan dengan tujuan yang jelas, Lebih lanjut Afgan Gaffar menyatakan bahwa implementasi merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka penyampaian kebijakan kepada masyarakat sehingga kebijakan tersebut dapat membawa hasil yang diharapkan (Reidha, 2018).

Kebijakan yang telah ditetapkan menjadi tidak berguna jika tidak dilaksanakan. Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh William Dunn bahwa kebijakan tidak akan berdampak dan tidak dapat mencapai tujuan dari kebijakan itu sendiri jika kebijakan tersebut tidak dilaksanakan. Menurut Dunn, proses implementasi kebijakan lebih penting dari pada keseluruhan serangkaian proses kebijakan. Hal ini dikarenakan tingkat keberhasilan suatu kebijakan akan ditentukan oleh kemampuan untuk mengimplementasikannya, walaupun dalam prosesnya terdapat berbagai permasalahan yang kompleks yang seringkali memiliki implikasi politik dan intervensi dari berbagai kepentingan. Oleh karena itu, sukses tidaknya suatu kebijakan yang telah ditentukan ditentukan oleh implementasinya dengan asumsi bahwa implementasi merupakan suatu rantai yang menghubungkan perumusan kebijakan dengan hasil kebijakan yang diharapkan. Menurut Mazmanian dan Sebastien, implementasi adalah implementasi dari kebijakan dasar berupa hukum maupun dalam bentuk perintah atau keputusan penting atau seperti keputusan pengadilan. Proses implementasi ini terjadi setelah melalui sejumlah tahapan tertentu seperti tahapan pengesahan undang-undang, kemudian keluaran kebijakan berupa keputusan pelaksana, dan seterusnya hingga penyempurnaan kebijakan yang bersangkutan. Benar dikatakan oleh Mazmanian, implementasi kebijakan merupakan rangkaian kebijakan publik selain perumusan dan evaluasi kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui proses politik, dan dilakukan secara terus menerus dalam melaksanakan tindakan yang simultan dan obyektif. Pembuat kebijakan publik dapat membuat perubahan atau menyesuaikan tujuan dan program yang dimodifikasi untuk meminimalkan hambatan dalam rangka mengubah situasi, meskipun mereka dianggap sebagai upaya ilegal oleh pejabat pelaksana dalam mengejar tujuan dan strategi dasar.

- Advertisement -

More articles

83 KOMENTAR

  1. Pendapat para ahli tersebut di atas menyimpulkan bahwa implementasi kebijakan adalah proses dinamis yang mencakup banyak interaksi dan banyak variabel. Oleh karena itu, tidak terdapat satu variabel pun dalam proses implementasi kebijakan, sehingga perlu adanya penjelasan lebih lanjut antara satu sub variabel dengan sub variabel lainnya dan bagaimana variabel tersebut mempengaruhi proses implementasi kebijakan.

  2. Yang dikatakan Benar dikatakan oleh Mazmanian, implementasi kebijakan merupakan rangkaian kebijakan publik selain perumusan dan evaluasi kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui proses politik, dan dilakukan secara terus menerus dalam melaksanakan tindakan yang simultan dan obyektif.

  3. Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks. Kebijakan tersebut juga terdapat di undang undang kesehatan juga. Dimna pada bidang kesehatan kebijakan itu ada 2 yaitu pelayanan dan kebijakan fasilitas yang di gunakan.

  4. implementasi kebijakan adalah tindakan yang dilakukan oleh individu atau pejabat atau pemerintah atau kelompok swasta yang diarahkan untuk mencapai tujuan yang dituangkan dalam keputusan kebijakan.

  5. implementasi kebijakan adalah tahapan pembuatan kebijakan antara pembentukan kebijakan seperti bagian dari tindakan legislatif, mengeluarkan perintah eksekutif, menyerahkan putusan yudisial, atau mengeluarkan peraturan dan konsekuensi kebijakan bagi mereka yang mempengaruhinya. Yang di dalam kebijakan implementasi terdapat perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evalusi, didalam kebijakan saat melakukan implementasi dibutuhkan pelayanan yang baik untuk mencapai suatu program dan tujuan yang telah di tentukan di dalam individu, mau pun kelompok, kebijakan implementasi ini bekerja atau berperan setelah adanya undang-undang (produk) yang telah di rencanakan, kebijakan prima juga bersifat dinamis dalam penyampaiannya, untuk hasil yanh optimal pelayanan prima dalam menyatukan perasaan dan pemikiran sangat di perlukan untuk kesinambungan di dalam masyarakat atas kebijakan implementasi

  6. Ada berbagai cara yang di gunakan agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai yang pertama :mengembangkan kerangka pikiran yang di bangun sendiri atau dengan cara mereplikasikan.mengkombinasikan atau mensinergikan

    • Ada berbagai cara yang di gunakan agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai yang pertama :mengembangkan kerangka pikiran yang di bangun sendiri atau dengan cara mereplikasikan.mengkombinasikan atau mensinergikan

  7. implementasi sangat penting dalam suatu kebijakan dinamis suatu sistem implementasi telah di buat dan di alokasikan untuk proses kebjikan publik untuk mencapai kebijakan dan harus dilaksanakan. untuk mencapainya harus dilakukan terus menerus tanpa adanya berhenti karena pembuatan kebijakan publik ini sendiri sangat penting untuk mencapai tujuan strateginya.
    kebijakan yang dimaksud disini agar sumber daya dan keuntungan bisa terpenuhi agar pembelajaran juga ikut efektif, agar semuaa masyarakat dan komunitas tercukupi akan ilmu dan juga agar berkembang pula pola pikir nya dan pelayanan akan jauh lebih tertata, akan semakin baik dan prima.

  8. implementasi adalah sebuah tindakan yg dilakukan oleh individu, pejabat, pemerintah atau kelompok swasta yg diarahkan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan fasilitas tertentu dan dalam waktu tertentu, sehingga kebijakan tersebut dapat membawa hasil yang diharapkan,implementasi kebijakan merupakan implementasi yg lebih penting jika dibandingkan dengan keseluruhan serangkaian proses kebijakan lainnya.

  9. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya akan menyimpulkan tentang implementasi kebijakan, implementasi kebijakan sendiri yaitu suatu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan. Untuk tahapan nya dibagi menjadi 3 tahapan diantaranya : tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi.
    Menurut beberapa ahli yaitu van metter dan van horn berpendapat bahwa implementasi kebijakan yaitu tindakan yang dilakukan oleh individu/ penjabat/ pemerintah/ kelompok swasta yang arahnya untuk mencapai tujuan yang dituangkan dalam keputusan kebijakan.
    Adapun menurut bambang sanggono yang berpendapat implementasi kebijakan suatu upaya untuk mencapai tujuan tertentu dengan fasilitas tertentu dan dalam urutan waktu tertentu.
    Dan masih banyak ahli yang berpendapat tentang implementasi kebijakan yang semua pendapat hampir sama yaitu tentang suatu proses kebijakan yg memiliki tujuan.
    Sekian yang dapat saya simpulkan tentang implementasi kebijakan.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

  10. implementasi adalah sebuah tindakan yg dilakukan oleh individu, pejabat, pemerintah atau kelompok swasta yg diarahkan untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan fasilitas tertentu dan dalam waktu tertentu, sehingga kebijakan tersebut dapat membawa hasil yang diharapkan,implementasi kebijakan merupakan implementasi yg lebih penting jika dibandingkan dengan keseluruhan serangkaian proses kebijakan lainnya.

  11. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya akan menyimpulkan tentang implementasi kebijakan, implementasi kebijakan sendiri yaitu suatu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan. Untuk tahapan nya dibagi menjadi 3 tahapan diantaranya : tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi.
    Menurut beberapa ahli yaitu van metter dan van horn berpendapat bahwa implementasi kebijakan yaitu tindakan yang dilakukan oleh individu/ penjabat/ pemerintah/ kelompok swasta yang arahnya untuk mencapai tujuan yang dituangkan dalam keputusan kebijakan.
    Adapun menurut bambang sanggono yang berpendapat implementasi kebijakan suatu upaya untuk mencapai tujuan tertentu dengan fasilitas tertentu dan dalam urutan waktu tertentu.
    Dan masih banyak ahli yang berpendapat tentang implementasi kebijakan yang semua pendapat hampir sama yaitu tentang suatu proses kebijakan yg memiliki tujuan.
    Sekian yang dapat saya simpulkan tentang implementasi kebijakan. #implementasi
    Wassalamualaikum Wr. Wb

  12. menurut Van Metter dan Van Horn, implementasi kebijakan adalah tindakan yang dilakukan oleh individu atau pejabat atau pemerintah atau kelompok swasta yang diarahkan untuk mencapai tujuan yang dituangkan dalam keputusan kebijakan. Kemudian, istilah implementasi mengacu pada serangkaian kegiatan yang mengikuti pernyataan formal tujuan program dan hasil yang diinginkan oleh pejabat pemerintah. Implementasi mencakup aksi (dan non-aksi) oleh berbagai pemain, terutama birokrat; implementasi dirancang untuk merealisasikan program sedemikian rupa untuk mencapai tujuannya, Grindle menjelaskan bahwa sumber yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan antara lain adalah orang-orang yang memiliki kompetensi yang memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitas (mampu mengelola sumber daya), akses informasi yang jelas, sarana dan prasarana yang memadai. tersedia dan dimiliki otoritas .

  13. implementasi sangat penting dalam suatu kebijakan dinamis suatu sistem implementasi telah di buat dan di alokasikan untuk proses kebjikan publik untuk mencapai kebijakan dan harus dilaksanakan. untuk mencapainya harus dilakukan terus menerus tanpa adanya berhenti karena pembuatan kebijakan publik ini sendiri sangat penting untuk mencapai tujuan strateginya.
    kebijakan yang dimaksud disini agar sumber daya dan keuntungan bisa terpenuhi agar pembelajaran juga ikut efektif, agar semuaa masyarakat dan komunitas tercukupi akan ilmu dan juga agar berkembang pula pola pikir nya dan pelayanan akan jauh lebih tertata, akan semakin baik dan prima.

  14. implementasi kebijakan adalah tindahkan yang dilakukan oleh individu atau pejabat, pemerintah atau kelompok swasta yang diarahkan untuk mencapai tujuan yang dituangkan dalam keputusan kebijakan.

    Menurutku pelayanan prima atau excellent service adalah merupakan melakukan pelayanan sebaik mungkin kepada pelangan kita supaia pelangan kita merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan.

  15. implementasi kebijakan merupakan upaya untuk mencapai tujuan tertentu dengan fasilitas tertentu dan dalam urutan waktu tertentu.. Proses implementasi kebijakan hanya dapat dimulai ketika tujuan kebijakan telah ditetapkan, program implementasi telah dibuat, dan dana telah dialokasikan untuk pencapaian tujuan kebijakan tersebut, Implementasi merupakan salah satu tahapan dalam Proses kebijakan publik biasanya implementasi dilakukan setelah suatu kebijakan dirumuskan dengan tujuan yang jelas.

  16. Sebenarnya sama artian dalam sebuah elementasi sebuah kebijakan akan tetapi bnyak yang menyimpulkan para ahli untuk memperjelas arti an tersebut

  17. menurut saya implementasi Masalah pokok dalam penelitian ini adalah pelaksanaan Implementasi kebijakan Pelayanan prima program implementasi telah dibuat, dan dana telah dialokasikan untuk pencapaian tujuan kebijakan tersebut, Implementasi merupakan salah satu tahapan dalam Proses kebijakan publik biasanya implementasi dilakukan setelah suatu kebijakan dirumuskan dengan tujuan yang jelas, Penggunaan metode semacam ini didasarkan pada pertimbangan bahwa metode ini ditujukan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan serta mengkaji secara kualitatif, bagaimana implementasi kebijakan pelayanan prima. Oleh karena itu, sukses tidaknya suatu kebijakan yang telah ditentukan ditentukan oleh implementasinya dengan asumsi bahwa implementasi merupakan suatu rantai yang menghubungkan perumusan kebijakan dengan hasil kebijakan yang diharapkan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi kebijakan pelayanan prima. Proses implementasi kebijakan hanya dapat dimulai ketika tujuan kebijakan telah ditetapkan, program implementasi telah dibuat, dan dana telah dialokasikan untuk pencapaian tujuan kebijakan tersebut,

  18. Kesimpulanya
    salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu kebijakan. Implementasi mencakup aksi (dan non-aksi) oleh berbagai pemain, terutama birokrat; implementasi dirancang untuk merealisasikan program sedemikian rupa untuk mencapai tujuannya,

  19. Dalam mewujudkan keberhasilan perwujudan pelayanan prima hal yang terpenting adalah melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan.

  20. Inti penjelasan dari Alsanso.com Pak Eko & berbagai ahli tentang Implementasi, saya simpulkan bahwa :

    Implementasi yaitu Suatu rangkaian urutan atau susunan kegiatan yang dibuat oleh orang yang bertanggung jawab ( seperti Atasan atau Pemerintah) supaya suatu proses tersebut bisa berjalan dengan ter-arah dan bisa mencapai tujuan bersama yang diinginkan
    Namun, kebijakan tersebut tidak akan bisa mencapai tujuan yang diinginkan jika tidak dilaksanakan/dilakukan Implementasi tersebut. Maka dari itu dalam suatu proses untuk mencapai tujuan yang di inginkan Implementasi sangat berperan penting
    Untuk menyusun suatu Implementasi kebijakan kebijakan didalamnya juga harus diMusyawarah kan dengan sumber yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan antara lain adalah orang-orang yang memiliki kompetensi yang memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitas (mampu mengelola sumber daya), akses informasi yang jelas, sarana dan prasarana yang memadai. tersedia dan dimiliki otoritas .

    #ragil1b

  21. Inti penjelasan dari Alsanso.com Pak Eko & berbagai ahli tentang Implementasi, saya simpulkan bahwa :

    Implementasi yaitu Suatu rangkaian urutan atau susunan kegiatan yang dibuat oleh orang yang bertanggung jawab ( seperti Atasan atau Pemerintah) supaya suatu proses tersebut bisa berjalan dengan ter-arah dan bisa mencapai tujuan bersama yang diinginkan
    Namun, kebijakan tersebut tidak akan bisa mencapai tujuan yang diinginkan jika tidak dilaksanakan/dilakukan Implementasi tersebut. Maka dari itu dalam suatu proses untuk mencapai tujuan yang di inginkan Implementasi sangat berperan penting
    Untuk menyusun suatu Implementasi kebijakan kebijakan didalamnya juga harus diMusyawarah kan dengan sumber yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan antara lain adalah orang-orang yang memiliki kompetensi yang memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitas (mampu mengelola sumber daya), akses informasi yang jelas, sarana dan prasarana yang memadai. tersedia dan dimiliki otoritas .

    #rgl1b

  22. menurut Van Metter dan Van Horn, implementasi kebijakan adalah tindakan yang dilakukan oleh individu atau pejabat atau pemerintah atau kelompok swasta yang diarahkan untuk mencapai tujuan yang dituangkan dalam keputusan kebijakan. menurut Bambang Sunggono, implementasi kebijakan merupakan upaya untuk mencapai tujuan tertentu dengan fasilitas tertentu dan dalam urutan waktu tertentu
    Nah dalam lingkup peraturan pelayanan prima
    Ini khususnya di kesehatan Perawat di tekan kan untuk melakukan pelayanan dari setiap individu kepada setiap pelanggan, baik external maupun internal yang di lakukan secara profesional, ramah, cepat, informatif, dan dengan sentuhan kemanusiaan untuk memenuhi harapan dan memuaskan pelanggan Tanpa membedakan status pasien.

    Penerapannya bisa di lakukan dengan memperhatikan kualitas pelayanan prima itu sendiri yaitu:

    Kualitas pelayanan prima (quality service excellence)
    -Transparansi Akuntability
    -Conditional
    Partispatif
    -Kesamaan Hak
    -Keseimbangan hak dan kewajiban

    Perlu di garis bawahi menurut Bambang Sunggono, implementasi kebijakan merupakan upaya untuk mencapai tujuan tertentu dengan fasilitas tertentu dan dalam urutan waktu tertentu. Di sini Kita bisa menerapkan “Pelaksanaan Pelayanan Prima Bidang Kesehatan”, dijelaskan bahwa berdasarkan aspek-aspek kesederhanaan, kejelasan, kepribadian, keamanan, efisiensi, ekonomis, keadilan, ketepatan waktu, kebersihan, kinerja dan juga sikap perilaku, maka pelaksanaan pelayanan prima bidang kesehatan perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
    1. Mengupayakan paparan yang jelas melalui papan informasi atau petunjuk yang mudah dipahami dan diperoleh pada setiap tempat atau lokasi pelayanan
    2. aturan tentang prosedur / tata cara / petunjuk
    3. Hak dan kewajiban pemberi atau penerima pelayanan diatur secara jelas
    4. Tersedia loket informasi dan kotak saran
    5. Penanganan proses pelayanan sedapat mungkin dilakukan oleh petugas yang berwenang atau kompeten
    6. Selalu diupayakan untuk menciptakan pola pelayanan yang tepat sesuai dengan sifat dan jenis pelayanan

    Grindle menjelaskan bahwa sumber yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan antara lain adalah orang-orang yang memiliki kompetensi yang memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitas (mampu mengelola sumber daya), akses informasi yang jelas, sarana dan prasarana yang memadai. tersedia dan dimiliki otoritas. Di sini peran Perawat sangat di butuhkan untuk memberikan Layanan yang optimal Perawat bertanggung jawab untuk mendapatkan dan mempertaahankan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk berbagai peran dan tanggung jawab professional Peran perawat sebagai komunikator juga tidak kalah penting karena keefektivitasan komunikasi perawat adalah sebuah pusat hubungan perawat-klien. (aksi perawat)Komunikasi sangat penting dilakukan perawat dengan klien untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, dan kebutuhan klien

    Lalu Menurut Dunn, proses implementasi kebijakan lebih penting dari pada keseluruhan serangkaian proses kebijakan. jika di hubungkan dengan pelayanan prima terutama di bidang kesehatan terdapat beberapa metode yaitu:
    Metode mempertahankan kualitas pelayanan prima ada beberapa faktor. Factor tersebut adalah Mengidentifikasi kualitas layanan, mengelola ekspektasi pelanggan, menumbuhkembangkan kualitas layanan, menindaklanjuti layanan, dan mengembangkan system informasi kualitas layanan

    Servqual Metode Tepat Meningkatkan Kualitas Layanan. Metode servqual adalah suatu kuesioner yang digunakan untuk mengukur kualitas jasa.

    Contoh bagaimana kita mengedepankan atau melihat metode Tangibles (bukti terukur), menggambarkan fasilitas fisik, perlengkapan, dan tampilan dari personalia serta kehadiran para pengguna.
    Reliability (keandalan), merujuk kepada kemampuan untuk memberikan pelayanan yang dijanjikan secara akurat dan handal.
    • Responsiveness (daya tanggap), yaitu kesediaan untuk membantu pelanggan serta memberikan perhatian yang tepat.
    • Assurance (jaminan), merupakan karyawan yang sopan dan berpengetahuan luas yang memberikan rasa percaya serta keyakinan. • Empathy (empati), mencakup kepedulian serta perhatian individual kepada para pengguna.

  23. Menurut saya, implementasi kebijakan yaitu proses dinamis yang mencakup banyak interaksi dan banyak variabel.
    Prinsip Implementasi kebijakan adalah cara agar sebuah kebijakan dapat mencapai tujuan. Mengapa implementasi kebijakan pelayanan kesehatan sangat penting? karena keputusan kebijakan kesehatan melibatkan persoalan hidup dan mati manusia.
    Kebijakan kesehatan dapat didefinisikan sebagai suatu cara atau tindakan yang berpengaruh terhadap perangkat institusi, organisasi, pelayanan kesehatan dan pengaturan keuangan dari sistem kesehatan.

  24. Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam proses kebijakantahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis akan menentukan berhasil atau tidaknya.Menurut Mazmanian dan Sebastien, implementasi adalah implementasi dari kebijakan dasar berupa hukum maupun dalam bentuk perintah atau keputusan penting atau seperti keputusan pengadilan.Proses implementasi ini terjadi setelah melalui sejumlah tahapan tertentu seperti tahapan pengesahan undang-undang, kemudian keluaran kebijakan berupa keputusan pelaksanaimplementasi kebijakan merupakan rangkaian kebijakan publik selain perumusan dan evaluasi kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui proses politik, dan dilakukan secara terus menerus dalam melaksanakan tindakan yang simultan dan obyektif.

  25. Inti penjelasan dari Alsanso.com Pak Eko & berbagai ahli tentang Implementasi, saya simpulkan bahwa :

    Implementasi yaitu Suatu rangkaian urutan atau susunan kegiatan yang dibuat oleh orang yang bertanggung jawab ( seperti Atasan atau Pemerintah) supaya suatu proses tersebut bisa berjalan dengan ter-arah dan bisa mencapai tujuan bersama yang diinginkan.
    Namun, kebijakan tersebut tidak akan bisa mencapai tujuan yang diinginkan jika tidak dilaksanakan/dilakukan Implementasi tersebut. Maka dari itu dalam suatu proses untuk mencapai tujuan yang di inginkan Implementasi sangat berperan penting.
    Untuk menyusun suatu Implementasi kebijakan kebijakan didalamnya juga harus diMusyawarah kan dengan sumber yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan antara lain adalah orang-orang yang memiliki kompetensi yang memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitas (mampu mengelola sumber daya), akses informasi yang jelas, sarana dan prasarana yang memadai. tersedia dan dimiliki otoritas .

    #rgl1b

  26. Implementasi pelayanan prima itu suatu kegiatan atau urutan kegiatan yg terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain & kemampuan maksimal seseorang dalam hal pelayanan dan pelayanan prima sendiri adalah pelayanan yg terbaik yg harus di berikan oleh pelanggan baik pelanggan internal ataupun eksternal berdasarkan standart dan prosedur pelayanan.
    Dan untuk kebijakan pelayanan prima kita harus membuat kebijakan untuk mrmberi tau bahwa semua pelayanan itu juga ada kebijakan yg harus di patuhi oleh si pelanggan atau klien.

    • Implementasi pelayanan prima itu suatu kegiatan atau urutan kegiatan yg terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain & kemampuan maksimal seseorang dalam hal pelayanan dan pelayanan prima sendiri adalah pelayanan yg terbaik yg harus di berikan oleh pelanggan baik pelanggan internal ataupun eksternal berdasarkan standart dan prosedur pelayanan.
      Dan untuk kebijakan pelayanan prima kita harus membuat kebijakan untuk mrmberi tau bahwa semua pelayanan itu juga ada kebijakan yg harus di patuhi oleh si pelanggan atau klien.

  27. Afgan Gaffar menyatakan bahwa implementasi merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka penyampaian kebijakan kepada masyarakat sehingga kebijakan tersebut dapat membawa hasil yang diharapkan (Reidha, 2018).
    Kebijakan yang telah ditetapkan menjadi tidak berguna jika tidak dilaksanakan.pendapat yang disampaikan oleh afgan gaffar tersebut adalah poin penting yang harus dilakukan dalam pelayanan prima karena dalam pelayan prima kita sebagai perawat harus menerapkan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan dalam melaksanakan pelayanan terhadap pasien, supaya asien yang sedang kita rawat itu mendapatkan hasil yang diharapkan dan merasa puas akan kinerja kita sebagai perawat dalam memberikan pelayanan selama pasien tersebut dalam perawatan. dan jika pelayanan prima tersebut tidak kita laksanakan dengan baik maka peraturan atau tugas kita sebagai perawat tidak berguna dan perawat atau rumah sakit tersebut akan mendapat kritik dari pasian karena kurang baik dalam melaksanakan pelayanan prima terhadap pasien.

  28. jika dikaitkan dengan pelayanan prima kesehatan, implementasi sangat dibutuhkan guna memenuhi suatu kebijakan yang kompleks dan dinamis agar dapat menentukan kebijakan tersebut berhasil atau tidak. afgan gaffar juga menyatakan bahwa implementasi merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan menyampaikan kebijakan kepada masyarakat sehingga kebijakan tersebut dapat membawa hasil yang memuaskan, hal ini juga berlaku pada kebijakan di dalam pelayanan prima kesehatan jika kebijakan dalam melayani suatu konsumen memuaskan maka bisa dikatakan kebijakan tersebut berhasil dan mendapat apresiasi dari suatu masyarakat

  29. Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu kebijakan. Implementasi mencakup aksi (dan non-aksi) oleh berbagai pemain, terutama birokrat; implementasi dirancang untuk merealisasikan program sedemikian rupa untuk mencapai tujuannya,

  30. Pemerintah Indonesia sudah membuat kebijakan tentang pelayanan kesehatan yaitu yang diatur dalam UU RI No 36 dan UU RI No 4. Kebijakan yang diturunkan guna memberikan masyarakat untuk mendapatkan haknya dalam hal kesehatan. Begitu halnya dari berbagai institusi. Institusi seperti halnya Rumah Sakit dan juga Klinik akan memenuhi syarat dalam melakukan pelayanan prima yang diberikan ke masyarakat, seperti melakukan sistem akreditasi masing-masing. Sistem akreditasi berguna untuk menunjang bagaimana kinerja dalam sebuah institusi guna memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat. Setelah akreditasi terpenuhi, maka yang akan dilakukan selanjutnya adalah para tenaga kesehatan yang bekerja di dalam sebuah institusi tersebut. Sebagai tenaga kesehatan wajib memberikan pelayanan prima sebaik mungkin. Karena di dalam kita memberikan pelayanan terbaik, maka para masyarakat akan timbul rasa puas dari pelayanan yang kita berikan. Mereka akan merasa nyaman dan terpuaskan, bahkan mereka akan kembali lagi kepada kita. Semakin baik tingkat layanan kesehatan akan semakin mendongkrak pula dengan peningkatan mutu dan taraf kesehatan. Meningkatkan mutu dan taraf dengan cara meningkatkan pengetahuan, teknologi, dan meningkatkan keahlian dalam bidang profesi masing-masing. Khususnya kita sebagai perawat pun harus memberikan pelayanan prima yang baik seperti sikap terhadap pasien baik lisan, perhatian, penampilan, tepat waktu dan janji, kesediaan melayani, sopan dan ramah tamah, jujur dan dipercayai serta tidak membeda-bedakan miskin atau kaya. Semua masyarakat yang butuh kesehatan dengan cara datang ke kita guna mendapatkan pelayanan seperti yang mereka inginkan, maka harus kita layani dengan se nyaman mungkin agar tidak menimbulkan rasa kecewa di hati mereka. Karena tujuan pelayanan yang utama adalah memberi kepuasan kepada pelanggan, agar pelanggan bisa kembali lagi ke kita dengan cara mereka telah mempercayai kita dan kita telah memperlakukan mereka dengan se optimal dan se nyaman mungkin.

  31. Implementasi pelayanan prima itu suatu kegiatan atau urutan kegiatan yg terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain & kemampuan maksimal seseorang dalam hal pelayanan dan pelayanan prima sendiri adalah pelayanan yg terbaik yg harus di berikan oleh pelanggan baik pelanggan internal ataupun eksternal berdasarkan standart dan prosedur pelayanan.
    Dan untuk kebijakan pelayanan prima kita harus membuat kebijakan untuk mrmberi tau bahwa semua pelayanan itu juga ada kebijakan yg harus di patuhi oleh si pelanggan atau klien.

  32. Jadi kesimpulan yg dapat saya ambil dari materi di atas ialah bahwa implementasi kebijakan merupakan rangkaian kebijakan publik yg ditetapkan oleh pemerintah melalui proses politik.oleh karena itu sukses tidaknya suatu kebijakan yg telah di tentukan oleh implementasinya dengan asumsi bahwa implementasi merupakan suatu rantai yg menghubungkan perumusan dan kebijakan jadi pembuat kebijakan publik dapat membuat perubahan atau menyesuaikan tujuan dan program yg di modifikasi untuk meminimalkan hambatan dalam rangka mengubah situasi.

  33. Inti penjelasan dari Alsanso.com Pak Eko & berbagai ahli tentang Implementasi, saya simpulkan bahwa :

    Implementasi yaitu Suatu rangkaian urutan atau susunan kegiatan yang dibuat oleh orang yang bertanggung jawab ( seperti Atasan atau Pemerintah) supaya suatu proses tersebut bisa berjalan dengan ter-arah dan bisa mencapai tujuan bersama yang diinginkan.
    Namun, kebijakan tersebut tidak akan bisa mencapai tujuan yang diinginkan jika tidak dilaksanakan/dilakukan Implementasi tersebut. Maka dari itu dalam suatu proses untuk mencapai tujuan yang di inginkan Implementasi sangat berperan penting.
    Untuk menyusun suatu Implementasi kebijakan kebijakan didalamnya juga harus diMusyawarah kan dengan sumber yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan antara lain adalah orang-orang yang memiliki kompetensi yang memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitas (mampu mengelola sumber daya), akses informasi yang jelas, sarana dan prasarana yang memadai. tersedia dan dimiliki otoritas .

    #rgl1b

  34. implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam proses kebijakan, dan menurut saya implementasi kebijakan merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Karena rencana yang dibuat dengan sangat baik tidak akan berguna jika hanya dilakukan dengan asal-asalan. Maka dari itu sukses tidaknya suatu kebijakan ditentukan oleh implementasinya.

  35. Dalam studi pelaksanaan publik, dikatakan bahwa implementasi bukanlah
    sekedar bersangkut paut dengan mekanisme penjabaran keputusan-keputusan politik
    ke dalam prosedur-prosedur rutin melalui saluran-saluran birokrasi, melainkan lebih
    dari itu, implementasi menyangkut masalah konflik, keputusan, dan siapa yang
    memperoleh apa dari suatu pelaksanaan. Oleh karena itu tidaklah terlalu salah jika
    dikatakan bahwa implementasi pelaksanaan merupakan aspek yang sangat penting
    dalam keseluruhan proses pelaksanaan.
    Perlu di tekankan bahwa tahap implementasi pelaksanaan tidak akan di mulai sebelum tujuan-tujuan dan saran di tetapkan atau di identifikasi oleh keputusan-kepurusan pelaksana, dengan demikian tahap implementasi terjadi hanya setelah undang-undang di tetapkan dan dana di sediakan untuk membiayai implementasi pelaksanaan tersebut. Dalam sistem kepemerintahan kebijakan mengarah pada pengambilan putusan, di dalam peraturan pemerintah maupun dalam kehidupan sehari-hari pasti sering di dengar dan di laksanakan. Oleh karena itu, implementasi bisa di bilang penting dalam melakukan pelayanan terhadapa pasien maupun ke diri sendiri, dan dengan adanya implemensi sebagai kebutuhan sehari-hari itu juga bisa membantu kita memberikan pelayanan yang baik ke peada pasien dan pasienpun akan merasakan kenyaman, ketenangan dengan cara kita memberikan pelayanan yg sebaik mungkin ke pasien.

  36. dan menurut saya dari beberapa penjelasan penjelasan diatas dalam kebijakan implementasi cenderung memiliki prinsip yang sama dengan peraturan atau kebijakan dalam melakukan pelayanan prima contohnya seperti kebijakan yang harus membawa hasil yang diharapkan oleh masyarakat sama dengan pelayanan prima yaitu perawat juga harus bekerja keras untuk memberikan pelayanan atau perawatan yang sangat baik kepada pasien agar paien yang kita rawat itu mendapatkan kepuasan . dan dalam pelayan prima juga menggunakan undang undang dalam penerapanya seperti implementasi juga.

  37. implementasi sangat penting dalam suatu kebijakan dinamis suatu sistem implementasi telah di buat dan di alokasikan untuk proses kebjikan publik untuk mencapai kebijakan dan harus dilaksanakan. untuk mencapainya harus dilakukan terus menerus tanpa adanya berhenti karena pembuatan kebijakan publik ini sendiri sangat penting untuk mencapai tujuan strateginya.
    kebijakan yang dimaksud disini agar sumber daya dan keuntungan bisa terpenuhi agar pembelajaran juga ikut efektif, agar semuaa masyarakat dan komunitas tercukupi akan ilmu dan juga agar berkembang pula pola pikir nya dan pelayanan akan jauh lebih tertata, akan semakin baik dan primaaa

  38. Kesimpulannya adalah
    Menurut tokoh siapapun yang mencetuskan bahwa adanya implementasi adalah tujuannya untuk kebajikan bersama.
    Sebelumnya, implementasi juga sudah dibuat, dirancang dengan matang agar tidak ada kekeliruan yang terjadi dan merugikan.
    Seperti salah satu tokoh yang mencetuskan tebtang pendaptnya tentang implementasi itu bapak Van Horn mengutarakan pendaptnya dan berpandangan “bahwa implementasi adalah tindakan oleh individu, pejabat, kelompok pemerintah atau badan swasta yang diarahkan untuk mencapai tujuan”. Masing masing dari badan yang disebutkan tersebut memiliki implementasi yang menjadi pedoman.
    Atau tidak hanya perorangan, negara kita juga memiliki implementasi, seperti nilai pancasila yang didalamnya mengharuskan semua rakyat indonesia menaati nilai implementasi di dalamnya guna mensejahterakan dan menjunjung kebajikan
    Atau kita sebagai mahasiswa juga bisa menerapkan implementasi seperti mengharumkan nama universitas agar nama universitas kita dikenal baik oleh orang banyak diluar sana, intinya implementasi adalah sesuatu yang dibuat atau dirancang sebelumnya dan hasil akhirnya adalah kebajikan untuk semua orang (tidak merugikan pihak yang satu dengan yang lainnya).

  39. Kesimpulan implementasi dalam sebuah kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam satu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu kebijakan dan tujuan yang jelas sehingga kebijakan tersebut dapat membawa hasil yang diharapkan.
    Sedangkan kebijakan menjadi tidak berguna jika kebijakan tidak akan berdampak dan tidak dapat mencapai tujuan dari kebijakan itu sendiri apabila kebijakan tersebut tidak dilaksanakan, sebab sukses tidaknya suatu kebijakan yang telah ditentukan ditentukan oleh implementasinya dengan asumsi bahwa implementasi merupakan suatu rantai yang menghubungkan perumusan kebijakan dengan hasil kebijakan yang diharapkan. selain perumusan dan evaluasi kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui proses politik, dan dilakukan secara terus menerus dalam melaksanakan tindakan yang simultan dan obyektif. Dengan tujuan program yang dimodifikasi untuk meminimalkan hambatan dalam rangka mengubah situasi.

  40. Di website ini membahas mengenai implementasi. Dan banyak pendapat dari beberapa para ahli yang mengungkapkan apa itu implementasi kebijakan.
    Implementais kebijakan yaitu salah satu tahap perumusan,implemen dna juga tahap evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan.
    Ada beberapa ahli diantaranya
    *van metter dan van horn: tindaka yg dilakukan pemerintah,kelpok yg diarahkan untuk mencapai tujuan dan dmasukka kedalam keputusan kebijakan
    *Bambamg sunggono berpendapat: upaya untuk mencapai tujuan dg fasilitas tertentu dalam urutan waktu
    *Afgan gaffar berpendapat: rangkaian kegiatan dalam menyampaikan kebijakan kepada masyarakat dan kebijakan tersebut dapat terlaksana dg baik.
    * William bunn berpendapat: bahwa kebijakan implemen tidak berdampak dan yang lebih penting proses implentasi dari pada proses kebijakan.
    *Mazmaniah dan sebastien berpendapat: kebijakan dasar berupa hukum dalam bentuk perintah yang diputuskan dari pengadilan
    *Ripley dan tranklin berpendapat: hal yg terjadi setelah undang undang yg dikeluarkan
    *Grindle berpendapat: sumber kebijakan yang dikeluarkan oleh orang yg mempunyai komplentasi yg berkualitas
    *Edwgras berpendapat: kebijakan yg dibuat dari legislatif,ekslekutif dan diserahkan pada putusan yudisial

    Dari pendapat beberapa ahli diatas intinya sama,bahwa implementasi kebijakan yaitu mengacu pada proses dinamis yg mencakup banyak interaksi,variabel dari beberapa orang. Dan implentasi sendiri mengacu pada tahap proses perumusan dan juga tahap evaluasi yg berlangsung dalam suatu sistem kebijakan
    Proses implementasi dapat ditetapkan apabila program implementais telah dibuat dan disetujui,adanya dana yg telah dialokasikan untuk mencapai suatu tujuan
    Pada intinya kebijakan implementasi terlaksana dg baik apabila kebijakan sudah dirumuskan disetujui,dapat mencapai tujuan dg fasilitas tertentu dalam waktu tertentu,dan kebijakan implementasi harus berkaitan atau tercantum dalam hukum yang ada sesuai dg keputusan pengadilan,berdasarkan undang undang yang ada dan disampaikan kepada masyarakat agar di bagaiaman cara mengaplikasikan kebijakan tersebut dg baik

  41. beberapa tahapan dalam suatu proses implementasi juga dapat berlangsung dalam sebuah sistem kebijakan yang dinamis dan kompleks. Menurut berbagai pendapat tentang implementasi kebijakan ialah suatu tindakan yang harus dilakukan atau ditentukan oleh suatu pemerintah untuk mencapai perumusan dengan hasil kebijakan yang sesuai dengan apa yang direncanakan. Rangkaian kebijakan yang dimaksudkan dari berbagai pembicaraan ada yang beranggapan bahwa implementasi kebijakan secara terus menerus dapat dilakukan dalam mengejar suatu tujuan atau tindakan yang secara obyektif dan strategi yang mendasar pada kebijakan. Keuntungan atau keluaran nyata implementasi kebijakan terjadi saat pejabat pemerintah menginginkan hasil yang diharapkan dan suatu pernyataan tujuan program.

  42. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya akan menyimpulkan tentang implementasi kebijakan, implementasi kebijakan sendiri yaitu suatu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan. Untuk tahapan nya dibagi menjadi 3 tahapan diantaranya : tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi.
    Menurut beberapa ahli yaitu van metter dan van horn berpendapat bahwa implementasi kebijakan yaitu tindakan yang dilakukan oleh individu/ penjabat/ pemerintah/ kelompok swasta yang arahnya untuk mencapai tujuan yang dituangkan dalam keputusan kebijakan.
    Adapun menurut bambang sanggono yang berpendapat implementasi kebijakan suatu upaya untuk mencapai tujuan tertentu dengan fasilitas tertentu dan dalam urutan waktu tertentu.
    Dan masih banyak ahli yang berpendapat tentang implementasi kebijakan yang semua pendapat hampir sama yaitu tentang suatu proses kebijakan yg memiliki tujuan.
    Sekian yang dapat saya simpulkan tentang implementasi kebijakan.#implementasi
    Wassalamualaikum Wr. Wb

  43. Dari artikel diatas saya bisa menyimpulkan bahwa implementasi adalah sebuah penerapan atau pelaksanaan untuk menjalankan rencana yang dibuat. Dalam dunia kesehatan kita sangat membutuhkan implementasi, knpa? Karna didalam dunia kesehatan pasti terdapat rencana kegiatan dan implementasi sendiri tindakan untuk menjalankan rencana yang telah dibuat, CONTOH : didalam rana rumah sakit ada rencana yaitu pasien harus diutamakan atau dikedepankan kebutuhanya nahh disini kita dapat mengacuh pada implementasi agar rencana atau tujuan kita maksimal , dan juga perlu digaris bawahi hasil implementasi akan maksimal jika penerapan nya dilakukan sesuai rencana

  44. implementasi ini termasuk dalam bagian proses yg dilakukan secara individu/kelompok dan di buat untuk mengubah keputusan menjadi tindakan operasional selama periode berlaku/yg telh di tentukan sedangkan metode untuk mengambil suatu kebijakan dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan prima itu sndri harus dengan
    1 kebijakan yg telah di tentukan /implementasi ini sendiri
    2 kepuasan pelanggan
    3adapun metode yg harus di gunakan untuk mengukur kualitas jasa dan layanan.
    Dan proses variabel lain’a antara lain memperhatikan factor kualitas’a pelayanan prima dengan cara mengidentifikasi,kualitas layanan,kondisi , akuntabily, partisipasi,kesamaan hak dan keseimbangan hak antara 1 dengan lain’a selain itu juga harus ada pengendalian dan pengawasan pelaksanaan yaitu pemberian pelayanan terhadap masyarakat,kebersihan lingkungan dan memberikan pelayanan sikap ramah dan sopan kpd masyarakat.

  45. Assalamualikum
    Saya menyimpulkan bahwa implementasi merupakan suatu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks atau dapat saya simpulkan implementasi adalah proses umum tindakan adminitratif yang dapat di teliti dalam program tertentu. Implementasi juga menentukan sukses atau tidaknya suatu kebijakan yang di tentukan oleh implementasinya dengan asumsi bahwa implemntasi suatu rantai yang menghubunkan perumusan kebijakan dengan hasil kebijakan. Menurut saya implementasi kebijakan sangat diperlukan untuk mengacu pada pandangan para pakar bahwa setiap kebijakan yang telah dibuat harus diimplementasikan.

  46. Kesimpulannya adalah
    Menurut tokoh siapapun yang mencetuskan bahwa adanya implementasi adalah tujuannya untuk kebajikan bersama.
    Sebelumnya, implementasi juga sudah dibuat, dirancang dengan matang agar tidak ada kekeliruan yang terjadi dan merugikan.
    Seperti salah satu tokoh yang mencetuskan tebtang pendaptnya tentang implementasi itu bapak Van Horn mengutarakan pendaptnya dan berpandangan “bahwa implementasi adalah tindakan oleh individu, pejabat, kelompok pemerintah atau badan swasta yang diarahkan untuk mencapai tujuan”. Masing masing dari badan yang disebutkan tersebut memiliki implementasi yang menjadi pedoman.
    Atau tidak hanya perorangan, negara kita juga memiliki implementasi, seperti nilai pancasila yang didalamnya mengharuskan semua rakyat indonesia menaati nilai implementasi di dalamnya guna mensejahterakan dan menjunjung kebajikan
    Atau kita sebagai mahasiswa juga bisa menerapkan implementasi seperti mengharumkan nama universitas agar nama universitas kita dikenal baik oleh orang banyak diluar sana, intinya implementasi adalah sesuatu yang dibuat atau dirancang sebelumnya dan hasil akhirnya adalah kebajikan untuk semua orang (tidak merugikan pihak yang satu dengan yang lainnya).

  47. Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam proses kebijakantahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis akan menentukan berhasil atau tidaknya.Menurut Mazmanian dan Sebastien, implementasi adalah implementasi dari kebijakan dasar berupa hukum maupun dalam bentuk perintah atau keputusan penting atau seperti keputusan pengadilan.Proses implementasi ini terjadi setelah melalui sejumlah tahapan tertentu seperti tahapan pengesahan undang-undang, kemudian keluaran kebijakan berupa keputusan pelaksanaimplementasi kebijakan merupakan rangkaian kebijakan publik selain perumusan dan evaluasi kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui proses politik, dan dilakukan secara terus menerus dalam melaksanakan tindakan yang simultan dan obyektif.

  48. jika dikaitkan dengan pelayanan prima kesehatan, implementasi sangat dibutuhkan guna memenuhi suatu kebijakan yang kompleks dan dinamis agar dapat menentukan kebijakan tersebut berhasil atau tidak. afgan gaffar juga menyatakan bahwa implementasi merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan menyampaikan kebijakan kepada masyarakat sehingga kebijakan tersebut dapat membawa hasil yang memuaskan, hal ini juga berlaku pada kebijakan di dalam pelayanan prima kesehatan jika kebijakan dalam melayani suatu konsumen memuaskan maka bisa dikatakan kebijakan tersebut berhasil dan mendapat apresiasi dari suatu masyarakat

  49. Ada berbagai cara yang di gunakan agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai yang pertama :mengembangkan kerangka pikiran yang di bangun sendiri atau dengan cara mereplikasikan.mengkombinasikan atau mensinergikan

  50. Kesimpulanya
    salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu kebijakan. Implementasi mencakup aksi (dan non-aksi) oleh berbagai pemain, terutama birokrat; implementasi dirancang untuk merealisasikan program sedemikian rupa untuk mencapai tujuannya,

  51. menurut Van Metter dan Van Horn, implementasi kebijakan adalah tindakan yang dilakukan oleh individu atau pejabat atau pemerintah atau kelompok swasta yang diarahkan untuk mencapai tujuan yang dituangkan dalam keputusan kebijakan. Kemudian, istilah implementasi mengacu pada serangkaian kegiatan yang mengikuti pernyataan formal tujuan program dan hasil yang diinginkan oleh pejabat pemerintah. Implementasi mencakup aksi (dan non-aksi) oleh berbagai pemain, terutama birokrat; implementasi dirancang untuk merealisasikan program sedemikian rupa untuk mencapai tujuannya, Grindle menjelaskan bahwa sumber yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan antara lain adalah orang-orang yang memiliki kompetensi yang memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitas (mampu mengelola sumber daya), akses informasi yang jelas, sarana dan prasarana yang memadai. tersedia dan dimiliki otoritas .

  52. Implementasi kebijakan adalah suatu proses pelaksanaan dari semua perencanaan unsur kebijakan dan yang menjadi patokan terlaksana atau tidaknya suatu kebijakan.

  53. Kesimpulanya
    salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu kebijakan. Implementasi mencakup aksi (dan non-aksi) oleh berbagai pemain, terutama birokrat; implementasi dirancang untuk merealisasikan program sedemikian rupa untuk mencapai tujuannya,

  54. Implementasi kebijakan diperlukan mengacu pada pandangan para pakar bahwa setiap kebijakan yang telah dibuat harus diimplementasikan. Oleh karena itu implementasi kebijakan diperlukan karena berbagai alasan atau perspektif.

  55. Inti penjelasan dari Alsanso.com Pak Eko & berbagai ahli tentang Implementasi, saya simpulkan bahwa :

    Implementasi yaitu Suatu rangkaian urutan atau susunan kegiatan yang dibuat oleh orang yang bertanggung jawab ( seperti Atasan atau Pemerintah) supaya suatu proses tersebut bisa berjalan dengan ter-arah dan bisa mencapai tujuan bersama yang diinginkan.
    Namun, kebijakan tersebut tidak akan bisa mencapai tujuan yang diinginkan jika tidak dilaksanakan/dilakukan Implementasi tersebut. Maka dari itu dalam suatu proses untuk mencapai tujuan yang di inginkan Implementasi sangat berperan penting.
    Untuk menyusun suatu Implementasi kebijakan kebijakan didalamnya juga harus diMusyawarah kan dengan sumber yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan antara lain adalah orang-orang yang memiliki kompetensi yang memadai baik dari segi kuantitas maupun kualitas (mampu mengelola sumber daya), akses informasi yang jelas, sarana dan prasarana yang memadai. tersedia dan dimiliki otoritas.
    Jadi… jika dihubungkan dengan pelayanan prima, Supaya bisa mencapai Pelayanan Prima secara maksimal Atasan yang bertanggung jawab menyusun implementasi supaya seluruh kegiatan di Pelayanan Kesehatan bisa berjalan dengan terstruktur dan jelas supaya seluruh anggota bisa melaksanakan kebijakan kebijakannya biar bisa tercapai pelayanan prima yang maksimal.

    #RagilDianSaputra

  56. Implementasi kebijakan adalah suatu proses pelaksanaan dari semua perencanaan unsur kebijakan dan yang menjadi patokan terlaksana atau tidaknya suatu kebijakan. P

  57. Jadi,Implementasi kebijakan adalah suatu proses pelaksanaan dari semua perencanaan unsur kebijakan dan yang menjadi patokan terlaksana atau tidaknya suatu kebijakan. P

  58. K. Jadi,Implementasi kebijakan adalah suatu proses pelaksanaan dari semua perencanaan unsur kebijakan dan yang menjadi patokan terlaksana atau tidaknya suatu kebijakan. P

  59. K. Jadi,Implementasi kebijakan adalah suatu proses pelaksanaan dari semua perencanaan unsur kebijakan dan yang menjadi patokan terlaksana atau tidaknya suatu kebijakan. Q

  60. Dari artikel diatas saya bisa menyimpulkan bahwa implementasi adalah sebuah penerapan atau pelaksanaan untuk menjalankan rencana yang dibuat. Dalam dunia kesehatan kita sangat membutuhkan implementasi, knpa? Karna didalam dunia kesehatan pasti terdapat rencana kegiatan dan implementasi sendiri tindakan untuk menjalankan rencana yang telah dibuat, CONTOH : didalam rana rumah sakit ada rencana yaitu pasien harus diutamakan atau dikedepankan kebutuhanya nahh disini kita dapat mengacuh pada implementasi agar rencana atau tujuan kita maksimal , dan juga perlu digaris bawahi hasil implementasi akan maksimal jika penerapan nya dilakukan sesuai rencana , terima kasihh

  61. K.
    Implementasi kebijakan adalah suatu proses pelaksanaan dari semua perencanaan unsur kebijakan dan yang menjadi patokan terlaksana atau tidaknya suatu kebijakan. Q

  62. Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam seluruh proses kebijakan, dan menurut saya implementasi kebijakan penting dilakukan seperti yang dikatakan oleh Dunn, karena rencana yang sudah dibuat dengan sangat baik tidak akan berguna jika kita melakukannnya secara asal- asalan. Maka dari itu, sukses tidaknya suatu kebijakan ditentukan oleh implementasinya

  63. Kesimpulan implementasi dalam sebuah kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam satu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu kebijakan dan tujuan yang jelas sehingga kebijakan tersebut dapat membawa hasil yang diharapkan.
    Sedangkan kebijakan menjadi tidak berguna jika kebijakan tidak akan berdampak dan tidak dapat mencapai tujuan dari kebijakan itu sendiri apabila kebijakan tersebut tidak dilaksanakan, sebab sukses tidaknya suatu kebijakan yang telah ditentukan ditentukan oleh implementasinya dengan asumsi bahwa implementasi merupakan suatu rantai yang menghubungkan perumusan kebijakan dengan hasil kebijakan yang diharapkan. selain perumusan dan evaluasi kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah melalui proses politik, dan dilakukan secara terus menerus dalam melaksanakan tindakan yang simultan dan obyektif. Dengan tujuan program yang dimodifikasi untuk meminimalkan hambatan dalam rangka mengubah situasi. Terimakasih

  64. Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan yaitu tahapan perumusan,tahapan implementasi,dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu kebijakan.Dari pengertian diatas mungkin juga bisa dijadikan dasar untuk memberikan suatu pelayanan yang terbaik.Pelayanan yang baik akan memberikan kesan tersendiri bagi klien/pelanggan/konsumen.

  65. K.
    Implementasi kebijakan adalah suatu proses pelaksanaan dari semua perencanaan unsur kebijakan dan yang menjadi patokan terlaksana atau tidaknya suatu kebijakan

  66. Dari artikel diatas saya bisa menyimpulkan bahwa implementasi adalah sebuah penerapan atau pelaksanaan untuk menjalankan rencana yang dibuat. Dalam dunia kesehatan kita sangat membutuhkan implementasi, knpa? Karna didalam dunia kesehatan pasti terdapat rencana kegiatan dan implementasi sendiri tindakan untuk menjalankan rencana yang telah dibuat, CONTOH : didalam rana rumah sakit ada rencana yaitu pasien harus diutamakan atau dikedepankan kebutuhanya nahh disini kita dapat mengacuh pada implementasi agar rencana atau tujuan kita maksimal , dan juga perlu digaris bawahi hasil implementasi akan maksimal jika penerapan nya dilakukan sesuai rencana , terima kasih

  67. Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam seluruh proses kebijakan, dan menurut saya implementasi kebijakan penting dilakukan seperti yang dikatakan oleh Dunn, karena rencana yang sudah dibuat dengan sangat baik tidak akan berguna jika kita melakukannnya secara asal- asalan. Maka dari itu, sukses tidaknya suatu kebijakan ditentukan oleh implementasinya

  68. K.
    Implementasi kebijakan adalah suatu proses pelaksanaan dari semua perencanaan unsur kebijakan dan yang menjadi patokan terlaksana atau tidaknya suatu kebijakannn.

  69. Menurut bambang sunggono implementasi yaitu kebijakan upaya untuk mencapai tujuan tertentu dengan fasilitas tertentu dan dalam urutan waktu tertentu. Yang di maksud adalah untuk mencapai tujuan yang di inginkan fasilitas yang memadai dan dalam waktu yang telah di tetapkan. Para ahli banyak yang menyimpulkan pengertian implementasi itu apa dan bagaimana, namun semua pengertian para ahli mengacu bahwa implmentasi tersebut yaitu kebijakan yang dirumuskan dengan tujuan yang jelas. Yang di katakan oleh Maziman, implementasi kebijakan merupakan rangkaian kebijakan publik dan evaluasi kebijakan yang di tetapkan oleh pemerintah melalui proses politik, menyesuaikan tujuan dan program yang dimodifikasi untuk meminimalkan hambatan dalam rangka mengubah situasi, meskipun dianggap sebagai upaya ilegal oleh pejabat.

  70. Menurut saya sebenarnya sama artian dari implementasi hanya saja para ahli menyimpulkan agar lebih bisa untuk dipaham ih seperti implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis.

  71. dan menurut kesimpulan saya implementasi kebijakan merupakan upaya untuk mencapai tujuan tertentu dengan fasilitas tertentu dan dalam urutan waktu tertentu.. Proses implementasi kebijakan hanya dapat dimulai ketika tujuan kebijakan telah ditetapkan, program implementasi telah dibuat, dan dana telah dialokasikan untuk pencapaian tujuan kebijakan tersebut, Implementasi merupakan salah satu tahapan dalam Proses kebijakan publik biasanya implementasi dilakukan setelah suatu kebijakan dirumuskan dengan tujuan yang jelas. sekian.

  72. Implementasi kebijakan menghubungkan antara tujuan kebijakan dan realisasinya dengan hasil kegiatan pemerintah. Ini sesuai dengan pandangan Van Meter dan Van Horn (Grindle,1980:6) bawah tugas implementasi adalah membangun jaringan yang memungkinkan tujuan kebijakan publik direalisasikan melalui aktivitas instansi pemerintah yang meliburkan berbagai pihak yang berkepentingan.

  73. implementasi kebijakan yaitu suatu upaya untuk mencapai tujuan dengan fasilitas tertentu dan dalam urutan waktu yg ditentukan . Proses implementasi kebijakan dengan tepat dalam proses mencapai ilmu yang baik. Penanganan proses pelayanan mungkin dilakukan oleh petugas yang berwenang /kompeten dan implementasi ini harus dipatuhi dari serangkaian kebijakan. Selalu diupayakan untuk menciptakan suatu pelayanan yang tepat harus sesuai dengan sifat dan jenis pelayanan tersebut.

  74. Implementasi adalah penerapan atau pelaksanaan.implementasi juga bisa diartikan sebagai tindakan atau menjalankan rencana yang telah dibuat dan yang paling penting kita dapat mengetahui bahwa tujuan utama implementasi untuk menerapkan contohnya:Jika ada klien berobat ke rumah sakit berarti cukup banyak orang (petugas) yg seharusnya menegulurkan tangannya untuk memberikan pelayanan kepada mereka (pasien).Jika tidak,maka tingkat pelayanan Rumah sakit itu sering dikatakan kurang baik bahkan tidak baik, pelayanan yang diberikan oleh instansi pemerintah, termasuk Rumah Sakit , merupakan bentuk pelayanan pemerintah dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat Kesehatan bagi masyarakat sesuai dengan peraturan yang berlaku

  75. Implementasi adalah pelaksannan dari kebijakan kebijakan dasar hukum yang telah ditentukan .
    Proses pelaksanaan nya ber langsung setelah jumlah tahapan tahapan seperti tahapan proses undang undang yang kemudian output Dalam bentuk pelaksanaan kebijakan Korektif yang bersangkutan, dan kita sebagai perawat harus menerapkan implementasi untuk pasien kita.dalam menerapkan metode pelayanan prima kita harus melindungi, mengayomi serta memberi kenyamanan bagi pasien

  76. Menurut saya, implementasi kebijakan yaitu proses dinamis yang mencakup banyak interaksi dan banyak variabel.
    Prinsip Implementasi kebijakan adalah cara agar sebuah kebijakan dapat mencapai tujuan. Mengapa implementasi kebijakan pelayanan kesehatan sangat penting? karena keputusan kebijakan kesehatan melibatkan persoalan hidup dan mati manusia.
    Kebijakan kesehatan dapat didefinisikan sebagai suatu cara atau tindakan yang berpengaruh terhadap perangkat institusi, organisasi, pelayanan kesehatan dan pengaturan keuangan dari sistem kesehatan.
    Terimakasih..

  77. Menurut saya, implementasi kebijakan yaitu proses dinamis yang mencakup banyak interaksi dan banyak variabel.
    Prinsip Implementasi kebijakan adalah cara agar sebuah kebijakan dapat mencapai tujuan. Mengapa implementasi kebijakan pelayanan kesehatan sangat penting? karena keputusan kebijakan kesehatan melibatkan persoalan hidup dan mati manusia.
    Kebijakan kesehatan dapat didefinisikan sebagai suatu cara atau tindakan yang berpengaruh terhadap perangkat institusi, organisasi, pelayanan kesehatan dan pengaturan keuangan dari sistem kesehatan.
    Terimakasih….
    #putri afifah

  78. implementasi adalah :merupakan suatu kajian kebijakan yang mengarah pada proses pelaksanaan dari suatu kebijakan.
    Implementasi Kebijakan adalah: publik merupakan keputusan-keputusan atau pilihan-pilihan tindakan yang secara langsung mengatur pengelolaan dan pendistribusian sumber daya alam dan manusia demi kepentingan publik, yakni rakyat banyak, penduduk, masyarakat atau warga negara.
    Implementasi kebijakan pada dasarnya adalah cara agar sebuah kebijakan dapat mencapai tujuannya yaitu dengan langsung mengimplementasikan dalam bentuk program atau melalui formulasi kebijakan.

  79. Menurut saya sebenarnya sama artian dari implementasi sebuah kebijakan cuman para ahlian menyimpulkan untuk bisa dipahami oleh pembaca seperti Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis

  80. Menurut kesimpulan saya..
    Implementasi kebijakan adalah salah satu bagian dari proses kebijakan yang merupakan pelaksanaan dari sebuah kebijakan yang dapat mencapai tujuan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article

PRIORITAS KESEHATAN MANUSIA

Kehidupan penuh dengan berbagai macam cobaan dan memiliki sebuah kerentangan dalam setiap unsur, salah satunya adalah kesehatan. Kesehatan sangat penting bila dilihat dari sebuah kebutuhan manusia, bahkan dalam “teori hirarki kehidupan” memaparkan bahwa setiap individu memiliki kebutuhan yang utama adalah kebutuhan fisiologis yang ditinjau dari factor fisiologi.

Kampanye Sosial Media: Saatnya Kaum Millenial Cerdas Memilih dan Anti Money Politic

Pada akhir tahun nanti, pemilihan kepala daerah akan serentak dilaksanakan di beberapa provinsi maupun kabupaten atau kota. Ada satu opini masyarakat yang sudah mendarah daging. Money Politic atau politik uang. Rasanya tidak sah bagi pemilih apabila uang tidak hinggap ditangannya. Celetuk dari salah satu warga Surabaya,”Gak ono duite yo males nyoblos”. Ulasnya. Yang artinya tidak ada uang, maka mereka enggan untuk memilih.

IMPLEMENTASI SEBUAH KEBIJAKAN

Implementasi kebijakan merupakan salah satu tahapan dalam keseluruhan proses kebijakan, yaitu tahapan perumusan, tahapan implementasi, dan tahapan evaluasi yang berlangsung dalam suatu sistem kebijakan yang kompleks dan dinamis dan akan menentukan berhasil tidaknya suatu kebijakan.

UPAYA TERAPEUTIK

Klinis seharusnya mempertimbangkan kisaran dari ekspresi pasien untuk merumuskan pemahaman pengalaman pasien dan untuk merefleksikan signifikansinya. Klinis mengingat norma dan klasifikasi pengalaman dan gejala yang mungkin relevan dengan sabar tetapi pada saat yang sama memungkinkan adanya karakter yang unik dari pengalaman pasien individu.

ADAPTASI KOMUNIKASI EFEKTIF DITELAAH DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

Kesadaran manusia tidak dapat dipisahkan dari komunikasi. Kondisi komunikasi dalam konteks klinis ditentukan oleh niat peduli dan ketidaksetaraan hubungan, yang menyiratkan tanggung jawab khusus dari pihak klinisi.