Beranda Seputar Kesehatan Public Health DUKUNGAN SOSIAL DAN JARINGAN SOSIAL: Sintesis Dan Tinjauan

DUKUNGAN SOSIAL DAN JARINGAN SOSIAL: Sintesis Dan Tinjauan

256
0

Dukungan sosial merupakan konstruksi multidimensi yang kompleks yang didefinisikan oleh para peneliti dalam beberapa cara. Penelitian awal mendefinisikan dukungan sosial sebagai sumber daya yang berasal dari teman, keluarga, dan kenalan yang ‘mengelilingi’ individu (Barrera). Dukungan sosial telah didefinisikan sebagai sumber daya ‘eksplisit’ seperti yang tercantum di atas, ditambah sumber daya ‘implisit’ (Heller, Swindle & Dusenbury). Penyelidikan dukungan sosial dalam konteks jaringan dan dikuantifikasi menggunakan analisis jejaring sosial. Pendekatan jaringan memungkinkan “perhatian terfokus pada bagaimana komposisi, konten, dan konfigurasi ikatan mempengaruhi aliran sumber daya ke individu fokus” (Wellman). Ini juga memungkinkan para peneliti untuk melihat dukungan sosial sebagai properti yang tidak ada di antara dua orang, tetapi di antara beberapa individu yang saling berhubungan. Banyak literatur tentang dukungan sosial menggunakan frasa “jaringan dukungan sosial”, tanpa mendefinisikannya. Ada kebutuhan untuk menyatukan konstruksi dukungan sosial dan analisis jaringan sosial untuk lebih memahami bagaimana analisis dan tindakan jaringan dapat dimasukkan ke dalam teori dukungan sosial. Sumber Dukungan Sosial dan Kepribadian menurut Pierce, Lakey, Sarason & Sarason menyatakan bahwa dua kebutuhan kritis dalam pengembangan teori dukungan sosial adalah:

  1. Pengakuan akan fakta bahwa dukungan sosial bersifat majemuk dan kompleks
  2. Teori yang “menanamkan konstruk dalam kerangka teori yang lebih luas yang menggabungkan pengamatan dalam suatu keadaan dengan meniti beratkan pada bagian lain.”

Jejaring sosial menyediakan kerangka kerja untuk menjelaskan komponen-komponen dukungan sosial. Ini dapat memberi para peneliti berbagai langkah dan model statistik untuk mengukur dan menggambarkan jaringan pendukung. Hal ini juga memungkinkan peneliti untuk menentukan bagaimana variabel atribut individu dan sifat struktural dari jaringan dukungan sosial menjelaskan hubungan dukungan relasional. Kemajuan besar dapat dibuat dalam penelitian dukungan sosial, baik teoretis maupun terapan, dengan memanfaatkan metodologi dan model jejaring sosial. Dalam mempertimbangkan hubungan antara dukungan sosial sebagai konstruk teoretis dan metodologi jaringan sosial. Ini akan mencakup definisi dan deskripsi tentang terminologi jaringan, ukuran sampel, contoh analisis, dan penjelasan tentang bagaimana prosedur tersebut dapat digunakan dalam penelitian pendukung. Selanjutnya, kita membahas bagaimana analisis jejaring sosial dan terkait.

Jaringan Dukungan Sosial di Tingkat Komunitas

Menggunakan data jaringan egocentered yang dikumpulkan pada anggota komunitas Kanada kecil, Wellman dan Wortley (1990) meneliti enam penjelasan yang diusulkan untuk hubungan suportif dalam konteks ikatan komunitas: kekuatan ikatan, akses kepada orang lain, karakteristik struktural jaringan, peran kekerabatan, sumber daya posisional, dan kesamaan serta ketidaksamaan individu. Dengan demikian, penggabungan karakteristik dan langkah-langkah jaringan yang penting membantu untuk mengkonfirmasi bahwa struktur memang mempengaruhi dukungan.