Beranda Seputar Kesehatan Public Health DINAMIKA PENYAKIT YANG BIASA MENYERANG

DINAMIKA PENYAKIT YANG BIASA MENYERANG

204
0

Banyak anak-anak di dunia ini bahkan Negara kita sendiri mempunyai potensi besar terpapar penyakit kangker. Penyebabnya beragam, ada yang disebabkan karena zat kimia, asupan makanan, dan bahkan ada juga anak yang menginjak remaja itu merokok. Bahkan dari data dari World Health Organization (WHO), dalam dua decade mendatang jumlah peningkatan kangker sejumlah 60%. Tujuan pembuatan artikel ini untuk mengetahui dan cara mencegah kangker pada anak usia dini, yang di karenakan jumlah kasus yang meninggal pada penyakit kangker ini terus meningkat. Di Indonesia sendiri, kejadian kanker anak meningkat dari tahun ke tahun, penyebabnya antara lain, diet yang tidak tepat seperti kurang sayur dan buah, mengkonsumsi bahan makanan berbahan kimia berbahaya dan pengawet, kurang aktifitas fisik, serta konsumsi rokok. Dalam dua dekade kasus kanker meningkat dari 14 juta pada 2012 menjadi 22 juta (Kementrian Kesehatan, 2015; WHO 2018, US Cancer Institute, 2018).

Jika seseorang ingin mencegah kanker, lakukanlah perubahan gaya hidup sehat dengan cara mengubah faktor resiko perilaku dan pola makan. Oleh karena itu, perlu untuk dilakukan upaya pencegahan meningkatkan kesadaran masyarakat dengan cara mengenali gejala dan risiko penyakit kanker sehingga masyarakat dapat dengan mudah menentukan langkah-langkah pencegahan dan deteksi dini yang tepat (Kementrian Kesehatan, 2015)

Penyakit kanker adalah penyakit mematikan kedua di seluruh dunia. Kanker adalah perumbuhan sel abdnormal yang tidak dapat terkendali oleh tubuh. Dan menyerang organ-organ disekitar tubuh.Anak-anak sangatlah rentan terkena serangan kangker di karenakan banyaknya anak kecil yang tidak suka makan sayur dan buah. Kebanyakan anak-anak jaman sekarang menyukai makanan yang siap saji atau jajanan pasara yang mengandung bahan pengawet atau bahan kimia yang dapat memperhambat pertumbuhan anak itu sendiri. Seperti mie instan, snack ringan dan lain sebagainya. Kalau sampai itu di teruskan anak tersebut akan mengalami obesitas yang tidak terkontrol dan bisa memperburuk pertumbuhannya. Tidak hanya factor makanan saja factor terkena sinar matahari juga harus di awasi karena terpapar radiasi termasuk juga penyebab terkenannya penyakit kangker. Maka dari itu para orang tua wajib mengawasi anak-anaknya jangan sampai terkena sinar matahari pada siang hari. Kalau di pagi hari saja tidak apa-apa. Yang tidak boleh itu terkena sinar matahari di siang hari karena disiang hari itu radiasinnya sangatlah tinggi dan itu yang menyebabkan terkene potensi penyakit kangker. Bahkan banyak anak-anak kecil yang masih duduk di bangku sokolah dasar itu sudah mulai mengenal adanya rokok dan mereka sesekali mencobannya bahkan ada juga yang sampai ketagihan. peran orang tua sangat penting dalam mencegah penyakit kangker pada usia dini. Karena yang namanya anak kecil itu rasa ingin tahunya tinggi dan terkadang dia suka seenaknya sendiri, nah dari situ orang tua harus menjaga dari sisi pergaulan supaya anak yang mau masuk ke dunia remaja tidak terjerumus ke penyalah gunaan narkotika, miras, rokok dan lain sebagainnya karena semua itu berpotensi besar terkena penyakit kanker. Tidak hanya itu saja gizi anak juga harus di penuhi, dengan memakan makanan yang mengandung zat besi, vit b komplek, vit c, kalsium dan lain sebagainnya yang ada di sayur, buah-buahan, daging, dan susu.