Beranda News Bisnis Bagaimana Cara Memulai Bisnis?

Bagaimana Cara Memulai Bisnis?

323
0

Mungkin Anda salah satu orang yang ingin memulai Bisnis tapi tidak tahu harus memulai dari mana. Disini saya akan membagikan insight sederhana agar Anda punya pandangan ke depan tentang apa saja yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis.

1. Tentukan Problem Apa Yang Ingin Anda Selesaikan

Sebelum memulai Bisnis, Anda harus tahu terlebih dahulu masalah apa yang ingin Anda selesaikan dengan produk Anda. Jadi bukan asal jual produk sesuka hati Anda.

Misalnya, setelah melakukan riset dengan bertanya pada ibu-ibu, masalah mereka adalah ingin merawat wajah dan tubuh namun tidak sempat karena mengurus anak. Nah, kira-kira solusi apa yang bisa Anda berikan melalui produk Anda?

Jika Anda sudah menemukan solusi yang tepat, maka Anda tinggal mencari produk yang bisa menyelesaikan masalah mereka. Inilah yang seharusnya dilakukan para reseller. Jadi tidak asal jualan aja ya..

2.Tentukan market

Setelah tau masalah dan produk apa yang bisa menyelesaikan masalah target market, Anda harus mencari target market yang serupa agar produk Anda bisa menjangkau banyak orang.

Misalnya solusi Anda adalah dengan produk kosmetik yang dirancang khusus ibu rumahtangga, maka carilah ibu rumah tangga lebih banyak lagi agar mereka juga bisa menyelesaikan masalah mereka.

Kalau Anda jualan di Facebook, maka target market Anda juga harus emak-emak. Begitupula jika Anda jualan di Instagram. Penuhi sosial media Anda dengan target market yang sesuai.

3. Tentukan strategi

Untuk menjangkau banyak ibu rumah tangga, strategi apa yang bisa Anda lakukan? Mungkin dengan promosi melalui Ads, atau membuat grup khusus emak-emak untuk menjaring mereka masuk ke dalam kolam Anda.

Apapun strategi nya, Anda harus menentukan nya mulai dari sekarang

4. Melihat kompetitor

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kompetitor Anda yang punya produk serupa. Amati dengan baik apa saja yang mereka lakukan untuk menjangkau market, mengubah market menjadi pembeli, sampai menjadikan mereka pelanggan setia.

Anda juga harus menganalisa kekurangan dan kelebihan produk kompetitor agar Anda tahu apa saja yang harus diperbaiki melalui produk Anda.

Terakhir, jangan lupa berdoa pada Tuhan. Secanggih apapun strategi Anda, jika Tuhan tidak merestui, maka semuanya tidak akan terjadi.

Jadi saran saya sebelum memulai Bisnis, jangan lupa minta petunjuk pada Tuhan agar selalu membimbing Anda hingga menjadi orang sukses.

Semoga bermanfaat