Beranda Kuliner Food & Drink Bagaimana Cara melawan Covid-19 di Kalangan Masyarakat

Bagaimana Cara melawan Covid-19 di Kalangan Masyarakat

152
2

Oleh : Hairil Akbar, S.KM.,  M.Epid

Pada Bulan Maret, Indonesia memulai perperangan untuk melawan pandemi Virus Corona (Covid-19) yang mulai masuk di Negara Indonesia. Tentunya dengan masuknya pertama kali Virus Corona (Covid-19) ini di negara Indonesia akan memberikan dampak secara tidak langsung terhadap negara Indonesia terutama dari bidang perekonomian negera Indonesia, dimana akan semakin menurun belum masyarakat yang saat ini tidak mendapatkan pekerjaan. Akibat dari aturan kebijakan dari pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadikan masyarakat kesulitan untuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hal ini dikarenakan bertambahnya kasus positif Virus Corona (Covid-19) di negara Indonesia setiap harinya sehingga menyebabkan masyarakat semakin resah dan takut untuk beraktivitas atau bekerja diluar rumah, meskipun demikian masih juga sebagian masyarakat yang menganggap hal ini sepele dengan tidak menaati peraturan pemerintah. Penularan virus ini akan terus bertambah dan ini merupakan bencana internasional sehingga masyarakat diminta untuk aktif dan berpartisipasi lebih serius lagi dan mengikuti ajuran pemerintah agar tidak tertular dan tidak menulari orang lain.

Apa Itu Virus Corona (Covid-19)  ?

Severe acute respiratory syndrome coronavirus2 (SARS-Cov-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona (Covid-19) adalah jenis baru dari corona virus dan virus ini menular kemanusia dan bisa menyebabkan kematian dan virus ini bisa menyerang siapa saja baik itu lansia, orang dewasa, anak-anak maupun bayi. Kumpulan virus akan menginfeksi sistem pernapasan baik itu berupa infeksi pernapasan yang bersifat ringan seperti flu maupun berat seperti infeksi paru-paru (pneumonia). Virus ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan China pada akhir desember tahun 2019. Virus ini sangat cepat penyebarannya hampir keseluruh negara termasuk negara Indonesia.

GejalaTerinfeksi Virus Corona (Covid-19)

Gejala terinfeksi virus yaitu demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, sakit kepala dan kesulitan bernafas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi virus ini dapat menyebar lebih cepat pada orang yang memiliki riwayat penyakit dan mengakibatkan mudahnya masuknya virus tersebut kedalam tubuh manusia dikarenakan sistempertahanan tubuh lemah akibat adanya riwayat penyakit lain. Terdapat beberapa orang yang telah terinfeksi tetapi tidak menunjukkan atau menimbulkan gejala apapun dan kebanyakan orang (sekitar 80%) pulih dari penyakit tanpa perlu perawatan khusus di rumah sakit hanya perlu melakukan isolasi diri dirumah kurang lebih selama 14 hari. Kemudiaan lansia atau orang yang lebih tua serta mereka yang memiliki riwayat penyakit seperti hipertensi, masalah jantung atau diabetes mellitus, lebih besar untuk terjangkit penyakit serius akibat Covid-19 jika berkontak langsung. Seseorang dengan demam, batuk dan kesulitan bernapas harus cepat ditangani oleh tenaga dan dibawa kerumahsakitu ntuk di lakukan pemeriksaan dan perawatan agar tidak menulari orang disekitarnya.

Upaya Pencegahan

Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi virus corona (Covid-19) adalah:

  1. Mencucitangan secara teratur dengan 7 langkah dengan benar
  2. Menutupi mulut dan hidung ketika batuk dan bersin (batuk efektif)
  3. Menggunakan masker pada saat beraktivitas diluar rumah
  4. Makan makanan yang bergizi terutama banyak mengomsumsi vitamin c untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  5. Hindari kontak dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin (social distancing)
  6. Rajin berolahraga
  7. Istirahat yang cukup
  8. Rajin membersihkan rumah dengan menyemrotkan cairan disinfektan yang telah di ajurkan oleh pemerintah seperti menggunakan air campuran cairan pemutih atau pembersih pakaian, kemudian di semprot di setiap permukaan benda seperti ganggang pintu rumah, sepatu atau sandal yang dipakai diluar rumah dan lain lain.
  9. Jika sehabis melakukan aktivitas diluar rumah, pakaian yang digunakan di jemur dibawah sinar matahari atau langsung direndam dengan air sabun kemudian dicuci.

Bagaimana Covid-19 Bisa Menyebar?

Virus ini dapat menyebar dari orang ke orang lain melalui percikan ludah (droplet) yang keluar pada saat penderita batuk dan bersin. Kemudian memegang mulut atau hidung tanpa mencucitangan terlebih dahulu setelah menyentuh benda-benda yang telah terkena cipratan ludah atau bersin sipenderita virus corona (covid-19). Itulah sebabnya pentingnya untuk menjaga jarak social distancing dan physical distancing.

Bagaimana Dampak COVID-19 Bagi Perekonomian Indonesia

Berhubungan dengan itu pula banyak masyarakat telah mengurangi kegiatan di luar ruangan dengan beralih kesystem online dari sekolah sampai para pekerja, seperti yang suda di ketahui terjadinya peningkatan kasus yang sangat signifikan selama terjadinya virus corona (Covid-19). Berbicara tentang dampak perekonomian Indonesia sendiri telah mengalami penurunan keuangan akibat banyaknya pengeluaran bahkan beberapa bahan pokok tertentu telah habis dipasaran. Dampak lain terhadap masyarakat sendiri di mulai hilangnya pekerjaan dan pendapatan masyarakat menurun dikarenakan kebijakan PSBB untuk memutus rantai penyebaran virus corona (covid-19). Pemerintah telah memberikan tatacara penanganan di tempatumum yang saat ini yaitu pembatasan aktivitas masyarakat dengan menghimbau mengurangi keluar rumah apabila tidak penting, belajar dirumah, bekerja di rumah dan melakukan ibadah dirumah. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus corona tidak semakin banyak.

Pemerintah telah memberikan tatacara penaganan di tempat umum sebagai berikut:

  1. Pastikan seluruh area dan transportasi bersih dengan melakukan penyemprotan disinfetan. Disetiap lokasi yang sering di pegang (pegangan pintu,tombol lift, pegangan escalator)
  2. Deteksi suhu tubuh setiap pintu masuk tempat umum dan transportasi, dimana jika suhu tubuh lebih dari 38oC dianjurkan untuk memeriksan diri dipelayan kesehatan dan tidak di perkenankan untuk masuk
  3. Mempromosikan mencucitangan secara menyeluruh dengan memajang poster tentang tatacara cuci tangan 7 langkah dengan benar
  4. Pastikan setiap tempat umum tersedia tempat cucitangan dan sabun cucitangan atau sanitizer
  5. Etika batuk / bersin dengan memajang poster tentang pentingnya menerapkan serta setiap tempat umum atau transportasi menyediakan masker atau tisu yang diberikan untuk seluruh penumpang yang sedang mengalami geja lavirus corona (covid-19)
  6. Menyediakan media komunikasi, informasi dan eduksi mengenai pencegahan dan pengendalian virus corona (covid-19) di lokasi strategis di setiap tempat umum dan transportasi umum
  7. Penyediaan pospemeriksaan kesehatan
  8. Membatalkan atau membatasi acara atau pertemuan yang berjumlah banya korang atau mengumpulkan banyak orang dengan peringatan apabila mengabaikan akan di amankan oleh aparat kepolisian
  9. Memperbaruhi informasi tentang virus corona (covid-19) secara regular di area yang muda di lihat oleh masyarakat atau pengunjung ditempat-tempat umum

Siapa saja yang berisiko terinfeksi covid19?

  1. Orang orang yang pernah melakukan perjalanan keluar negeri di mana kasus virus corona (covid-19) ada.
  2. Tenaga medis yang merawa tpasien covid-19
  3. Orang yang berinteraksi dengan penderita covid-19

Menghadapi Pandemik Corona Virus (Covid-19)

Setelah di tetapkan pandemik covid-19 di seluruh Negara yang telah terjangkit bahkan yang belum telah melakukan berbagai upaya dalam melawan dan penghentian penularan covid-19 dengan penetapan sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan dan bersiap dari aspek persediaan makanan dan finansial
  2. Deteksi dini, lindungi dan rawat
  3. Kurangi penyebaran
  4. Inovasi dan belajar dari rumah
  5. Patuhi aturan pemerintah

Epidemiologi global mengindentifikasiinfeksi covid-19 yang sangat cepat penyebarannya di dunia, peningkatan jumlah kasus terjadi dalam waktu singkat hingga membutuhkan penangan secepatnya akan tetapi saat ini belum di temukan obat untuk covid-19.

Manfaat Dari Pencegahan Dengan Isolasi Diri?

  1. 14 hari mampu menghentikan laju penularan covid-19
  2. 14 hari dapat menyelamatkan ribuan orang

2 KOMENTAR

  1. Edukasi yg baik, bisa menyesuaikan dengan kondisi saat ini.. Semoga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, sukses selalu 🙂

  2. Pak ijin bertanya, bagaimana kita melawan dan memberikan edukasi kepada masyarakat, sedangkan pada hari ini banyak masyarakat yang telah menerima dan mengkonsumsi informasi yang hoax sehingga masyarakat sekarang banyak yang tidak percaya pada tenaga kesehatan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here